Sahabat Polisi Ajak Musuhi Paham Radikalisme dan Terorisme

JAKARTA – Salah satu persoalan yang dialami bangsa Indonesia dewasa ini adalah membiaknya paham radikalisme dan terorisme. Paham tersebut juga dibarengi dengan fanatisme religius yang salah kaprah memaknai kebhinnekaan serta Pancasila sebagai ideologi final bangsa dan negara Indonesia. 

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Umum Sahabat Polisi, Fonda Tangguh dalam acara ngabuburit bareng Sahabat Polisi dengan tema “Bersama Kita Lawan Radikalisme” di Restoran Handayani, Matraman, Jakarta Timur, Jumat (08/06/2018), kemarin.

Menurrut Fonda, kebhinnekaan bagi bangsa Indonesia adalah sebuah keniscayaan yang tidak bisa dipungkiri. Namun, kata dia, paham radikal dan terorisme yang muncul, justru mencoba merusaknya,

“Maka dari itu paham radikalisme dan terorisme merupakan common enemy (musuh bersama). Tentang suatu ideologi yang ingin pengganti Pancasila dan dilakukan oleh beberapa kelompok sengaja untuk merusak paham ideologi kita. Ini tentu persoalan serius bagi kita semua,” kata Fonda dalam keterangan pers yang diterima redaksi, Sabtu (09/06/2018).

Lebih lanjut, Fonda mengajak kepada seluruh Mahasiswa, Pemuda dan masyarakat Indonesia secara luas untuk saling bergandengan tangan melakukan perlawanan terhadap terorisme di Indonesia.

“Kami dan Polri mengajak teman-teman semua untuk bersama-sama bertindak tegas terhadap radikalisme di negeri ini,” tutup Fonda.

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), KH Abdul Fatah mengatakan bahwa menangkal paham radikalisme dan terorisme tidak bisa dilakukan oleh aparat kepolisian saja. Ia mengatakan peran serta seluruh stakeholder dibutuhkan agar pemberantasan paham yang membahayakan bagi kesatuan dan persatuan Indonesia tersebut dapat ditangani dengan baik.

“Tugas polisi sangat berat, salah satunya adalah kriminal yang extra ordinary, yakni; terorisme, radikalisme dan narkoba. Kalau kita gak percaya ke polisi, maka 3 hal itu tidak bisa ditangani. Bagaimana agar polisi bisa mengatasinya, yakni harus bersama-sama dengan masyarakat,” terang Kiyai Fatah dalam tausiyahnya.

Kemudian Kiyai Fatah juga nenegaskan bahwa terorisme dan radikalisme sama sekali bukan representasi dari ajaran agama Islam. Apalagi salah satu tujuan diturunkannya Islam menurut Kiyai Fatah adalah menjadi kebaikan bagi seluruh alam semesta.

“Radikalisme dan terorisme itu jelas bukan gerakan agama. Tapi ya itu memang tidak ada agamanya. Kita harus cerdas mana yang agama dan mana yang hanya menginstrumentalisasi agama. Dan menginstrumentalisasi agama itu adalah yang jauh lebih berbahaya,” terangnya.

“Karena jelas Islam itu tidak ngajarin ngebom. Islam utu rahmatan lil alamin. Islam sangat menjunjung nilai kemanusiaan,” tegasnya. (kt7)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com