Edutek  

Kodiklatal Gelar Pelatihan General Emergensy Life Suport untuk Siswa Perwira Pusdikes

SURABAYA –  Pelatihan General Emergerncy Life Support (Gels) TA 2019, yang diselenggarakan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan latihan Angkatan laut (Kodiklatal), resmi dimulai  Jumat (01/11/2019). 

Acara yang digelar di Aula Pusdikkes Kesatrian Bumimoro Kodiklatal Surabaya tersebut dibuka oleh Komandan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Dankodikdukum)  Kodiklatal, Kolonel laut (T) Sa’ban Nur Subkhan

Menurut Sa’ban , pelatihan Gels diperuntukan bagi Siswa Perwira Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikes) Kodikdukum Kodiklatal. 30 Perwira yang menjadi peserta tersebut terdiri siswa Pendidikan Spesialisasi Perwira (Dikspespa) Kesehatan angkatan ke-17 dan siswa Pendidikan Pertama Kesehatan (Dikmapakes) angkatan ke-26.

Sa’ban menjelaskan, pelaksanaan pelatihan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut bertujuan untuk memberikan gambaran tentang General Emergerncy Life Support (Gels) yang harus dimiliki oleh siswa Korps Kesehatan,

“Sehingga setelah mengikuti pelatihan ini para siswa diharapkan memiliki ketrampilan kedaruratan medis sebelum melaksanakan pelayanan dukungan kesehatan pada operasi dan latihan di lapangan,” katanya dalam pers rilis yang diterima redaksi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa seorang perwira TNI AL yang bertugas dibidang kesehatan haruslah memahami bahwa penugasannya nanti tidak hanya terbatas pada rumah sakit didarat saja melainkan bisa di kapal bantu rumah sakit seperti KRI dr. Suharso-990 atau pada saat operasi dan latihan-latihan yang digelar TNI AL.

Ia berharap, setelah menyelesaikan pelatihan ini para siswa hendaknya tetap belajar dan terus belajar untuk meningkatkan kemampuan dan memantapkan profesionalisme sebagai tenaga kesehatan, baik tenaga medis maupun  paramedic,

“Diharapkan peserta nantinya mampu berpikir secara konsepsional serta bertindak secara cepat dan tepat dalam menghadapi kasus kasus kegawat daruratan yang akan dijumpai didaerah latihan maupun di rumah sakit,” harapnya.

Hadir dalam Pembukaan tersebut Komandan Pusdikkes Kolonel Laut (K) Kristanto, S.E., M.A.P, Para Kadep Kodikdukum dan para Komandan sekolah dilingkungan Pusdikkes Kodikdukum. Selain itu hadir pula para instruktur yang berasal dari Persatuan Dokter Ahli Emergency Seluruh Indonesia (Perdamsi). (kt3)

Redaktur: Faisal

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.