11 Dokter Baru FK UKDW Dilantik

YOGYAKARTA – Sebanyak 11 dokter baru dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Duta Wacana (FK UKDW) Yogyakarta dilantik Sabtu, (01/02/2020) di Ballroom Indraprasta 3, Hotel Sahid

Yogyakarta, dalam acara “Sumpah Dokter Periode XV”.

Prosesi pengambilan sumpah para dokter dipimpin oleh Dekan Fakultas Kedokteran, dr. The Maria Meiawati Widagdo, Ph.D.

Adapun dokter-dokter yang dilantik adalah dr. Nabella Septiana Wibawa, dr. Merryones Br Tobing, dr. Andreas Naibaho, dr. Steven Arif Wibowo, dr. Anggoro Ristianto Saputro, dr. Oeij Henri Wijaya, dr. Joanne Switasanny Alexangela, dr. Niko Prasetya Ginting, dr. Alfonsus Aditya Lodjing, dr. Intan Novi Dewantary, dan dr. Putu Wiliska Wilasitha.

Ketua Panitia Pengangkatan Sumpah dan Pelantikan Dokter Periode XV dr. Haryo Dimasto Kristiyanto, S.S. mengatakan, para dokter baru ini secara khusus dipersiapkan untuk terjun di masyarakat dan memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik, dimanapun mereka berada nantinya.

Ia menjelaskan, para dokter akan menjalani program magang selama satu tahun. Program ini merupakan program pemerintah bagi seluruh dokter di Indonesia untuk menyelaraskan ilmu yang didapat selama proses studi dengan realitas dunia kesehatan,

“Melalui program ini, yang juga merupakan program pemerataan tenaga dokter di seluruh pelosok Indonesia diharapkan pelayanan kesehatan yang bermutu dapat menjangkau seluruh masyarakat Indonesia. Hal ini sangat selaras dengan visi dari FK UKDW, yakni menghasilkan dokter yang berbudi luhur, profesional mandiri, dan terpercaya dalam bidang pelayanan kesehatan untuk masyarakat yang pluralistik berdasarkan kasih,” terangnya dalam pers rilis yang diterima redaksi, Rabu (02/05/2020).

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan pemberian penghargaan predikat terbaik kepada dr. Intan Novi Dewantary yang dilakukan oleh dr. The Maria Meiwati Widagdo, Ph.D sebagai lulusan terbaik Ujian Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD) periode November 2019 dan indeks prestasi kumulatif tingkat S.Ked-Profesi terbaik.

Sekadar informasi, Pada upacara pelantikan, para dokter tersebut mengucapkan sumpah Hippokrates yang merupakan sumpah semua dokter di seluruh dunia. Sumpah Hippokrates ditulis sekitar tahun 400 SM oleh seorang tabib Yunani yang bernama Hippokrates, yang juga dikenal sebagai Bapak Kedokteran.

Sumpah ini berisi pedoman etika luhur yang menjadi tuntunan profesi kedokteran. Seiring berjalannya waktu, sumpah Hippokrates telah mengalami beberapa perubahan yang disesuaikan dengan perubahan zaman serta kemajuan sains dan ilmu kedokteran modern. Namun pada hakikatnya, sumpah ini merupakan puncak perkembangan konsep etika kedokteran yang ketat, dasar hubungan pasien–dokter dalam dunia maju, dan titik penting moralitas profesional. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com