Semua Objek Wisata di DIY Dibuka dengan Pembatasan 75 Persen dari Total Kapasitas


Objek Wisata dalam di Yogyakarta lebih diminati saat libur lebaran. Foto: doc/jn

YOGYAKARTA - Seluruh objek wisata di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dibuka sepanjang libur hari raya idul fitri 1443 H.

Kendati demikian,Dinas Pariwisata di kabupaten dan kota tetap akan melakukan monitoring ke sejumlah destinasi wsiata agar semuanya sesuai dengan protokol kesehatan.

"Mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19 dan PPKM Level 2. Sehingga kapastas pengunjung dibatasi maksimal 75% dari total kapasitas," tutur Kepala Dinas Pariwisata DIY, Singgih Raharjo, kemarin (04/05/2022).

Singgih menandaskan, tak hanya Pemerintah Kabupaten Kota monitoring juga dilakukan oleh Pemda DIY.

Ia juga memastikan semua destinasi sudah siap termasuk penerapan aplikasi Visiting Jogja dan Peduli Lindungi.

"Terlebih pemerintah mewajibkan pemudik sudah mendapatkan vaksin dosis ketiga atau Booster sehingga wisatawan kemungkinan kebanyakan sudah Vaksin Booster," ujarnya.

Ia menambahkan, berbagai persiapan sarana dan prasarana sudah dilakukan oleh masing-masing pengelola saat sebelum masuk libur Lebaran beberapa waktu lalu.

Hingga H plus 1 kemarin sejumlah objek wisata, baik indoor maupun outdoor atau wisata alam. sudah ramai dikunjungi wisatawan.

Terkait jumlah kunjungan wisatawan di hari pertama Lebaran, pihaknya belum mendata secara rinci.

“Kemungkinan wisatawan lebih banyak mengunjungi destinasi yang outdoor seperti pantai dan pegunungan,” ungkapnya.

Singgih memperkirakan peningkatan pengunjung atau wisatawan di sejumlah destinasi wisata akan terjadi pada 3 Mei sampai akhir liburan Lebaran pada 8 Mei mendatang.

"Kalau kunjungan hari pertama lebaran masih landai," tutupnya. (kti1)

Redaktur: Faisal


 

Baca Juga