Pemakaman Eril Mengingatkan Pemakaman Mantan Presiden dan Ibu Negara

pemakaman eril
Warga turut melepas jenazah Eril di sepanjang jalan dari gedung Pakuan hingga pemakaman. Foto: Riza/kontributor

BANDUNG – Pemakaman Eril atau bernama lenhgkap Emmmeril Kahn Mumtadz putra sulung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil,  pada Senin (13/6/2022) pagi mengingatkan pemakaman mantan Presiden atau Ibu Negara terdahulu.

Di sepanjang jalan dari Gedung Pakuan Bandung hingga menuju pemakaman Eril di Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabuaten Bandung dipenuhi warga yang turut melepas jenazah Eril.

Tak sedikit warga yang juga menaburkan bunga di jalan yang dilewati jenazah Eril yang meninggal dunia akibat terseret arus sungai Aare Kota Bern, Swiss.

Para pelajar berseragam SD hingga SMA juga menyempatkan diri keluar kelas untuk  berdiri di tepi Jalan Raya Pangalengan, Kabupaten Bandung, untuk menyambut kedatangan rombongan.

Terdapat pelajar yang membawa spanduk maupun bunga untuk menyampaikan ungkapan belasungkawa.

Iring-iringan kendaraan yang membawa jenazah Eril bergerak dari Jalan Wastukencana menuju ke Jalan Tol Pasteur. Kemudian masuk ke Jalan Tol Soroja untuk menuju ke Cimaung.

Tak hanya warga Jabar yang berduka cita atas berpulangnya putra sang Gubernur. Warga di luar Jabar, seperti DKI Jakarta, Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur (Jatim) bahkan luar Jawa turut mengucapkan turut berbela sungkawa.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan juga sempat menyambangi Ridwan Kamil Untuk menyampaikan duka cita atas nama pribadi dan warga Jakarta. Demikian Juga Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa juga melakukan hal serupa.

Bahkan Presiden Joko Widodo dan Wapres KH Ma’ruf Amin secara khusus juga menyampaikan turut berduka cita kepada Ridwan kamil.

Seusai pemakaman putanya yang selesai sekira Pukul 11.00 WIB, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengucapkan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

“Atas nama keluarga almarhum Emmmeril Kahn Mumtadz, saya menghaturkan terima kasih kepada Bapak Presiden Joko Widodo, kepada Bapak Wakil Presiden Ma’ruf Amin, kepada para Menteri Kabinet Indonesia Maju,” kata Ridwan Kamil dikutip dari YouTube Humas Jabar Senin (13/06/2022).

Kang Emil juga mengucapkan terima kasih kepada para pejabat lainnya, kepada para Kepala Daerah hingga Forkopimda di Jawa Barat.

“Kepada keluarga, teman-teman, sahabat Eril, sahabat kami, masyarakat dan seluruh hadirin yang mendoakan,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kang Emil juga meminta kepada pihak yang memiliki utang piutang dengan Eril agar mendatangi pihak keluarga.

Seperti diketahui, Eril ditemukan Bendungan Engehalde, Bern, Swiss pada Rabu (8/6/2022) usai 14 hari dinyatakan hilang.

Begitu mendengar putranya ditemukan, Ridwan Kamil segera bertolak ke swiss untuk merawat jenazah putra kesayangannya tersebut secara syari’at Islam.

Dalam akun instagramnya Kang Emil, Sapaan Ridwan Kamil mengungkapkan bahwa Aare benar-benar menjaga jasad Eril. Jenazah Eril utuh meski 14 di dalam air dan ia bersaksi bahwa jenazah Eril mengeluarkan aroma wangi.

Setelah dilakukan serangkaian proses oleh otoritas Swiss, jenazah Eril dibawa ke Indonesia dan tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (12/06/2022).

Jenazah Eril kemudian dibawa ke Gedung Pakuan Bandung untuk disemayamkan dan dimakamkan pada hari ini di pemakaman keluarga di Cimaung, Bandung.

Dengan telah ditemukan dan dimakamkannya Eril, Sekretariat National Central Bureau (NCB) Interpol Indonesia mengirimkan surat permohonan pencabutan Yellow Notice atas nama Emmeril Khan Mumtadz atau Eril.

“Ya secara faktual karena korban sudah ditemukan Yellow Notice pasti sudah tidak lagi diperlukan. Tapi secara administrasi perlu ditindaklanjuti secara resmi dari Polri,” kata Sekretaris NCB Interpol Polri Brigjen Amur Chandra di Jakarta, Senin (13/6/2022).

Menurut dia, surat yang akan dikirimkan Sekretariat Nasional NCB Interpol Polri itu juga bagian dari tertib administrasi.Amur memastikan, pihaknya bersurat ke Kantor Pusat Interpol di Lyon, Senin hari ini.

“Kami kirim untuk cancellitation, pergantian permintaan Yellow Notice,” tegasnya.

Sebagaimana diketahui, Eril dikabarkan hilang saat berenang di Sungai Aare, Kota Bern Swiss pada Kamis, 26 Mei 2022, pukul 09.40 waktu setempat. Saat kejadian, Eril berenang bersama adiknya, Zara, dan seorang temannya.

Eril datang ke swiss untuk mencari kampus untuk melanjutkan studi s2. Ridwan kamisl yang saat kejadian tengah berada di London Inggris, langsung bertolak ke swiss. Ia bahkan turut bersama tim SAR dan kepolisian setempat mencari Eri.

Meski belum ditemukan, pada Jumat, 3 Juni 2022, Eril dinyatakan meninggal dunia oleh pihak keluarga. (kt4/nev/pr2).

Redaktur: Hamzah

 

 

 

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.