17 Agustus 2022, Wisata Kaliurang Bebaskan Bayar Tiket Masuk

wisata kaliurang
Bunker Kaliadem, salah satu spot meraik di kawasan wisata kaliurang. Foto: ist

SLEMAN – Pada momentum peringatan hari kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2022 ini, Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman membebaskan wisatawan masuk kawasan wisata Kaliurang dan Kaliadem tanpa membayar retribusi atau tiket masuk.

Kepala Bidang Pengembangan Destinasi Pariwisata dan Ekraf Dinas Pariwisata Sleman Aris Herbandang mengatakan, kebijakan menggratiskan retribusi masuk wisatawan di Kaliurang dan Kalidem dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan. Kebijakan bebas tiket masuk di hari kemerdekaan  tersebut hanya Berlaku sejak pukul 08.00 sampai 21.00.

“Harapannya juga agar  dapat meningkatkan kunjungan wisata,” katanya, Senin (15/08/2022)

Bandang menjelaskan, adanya kebijakan membebaskan retribusi masuk Kawasan Kaliurang dan Kaliadem baru pertama dilakukan. Menurutnya, penerimaan retribusi di kawasan wisata Kaliurang rata-rata Rp 25 juta per hari.

Pembebasan restribusi juga dinilai tidak akan merugikan. Sebab, dengan bebas retribusi akan semakin banyak masyarakat atau wisatawan yang berkunjung dan berbelanja, sehingga peredaran uang semakin banyak.

“Artinya retribusi mampet tapi pendapatan masyarakat meningkat,” ujarnya.

Tidak hanya memberikan tiket masuk gratis, beberapa skema lain juga telah disiapkan untuk menarik wisatawan. Di antaranya dengan menggelar event model street performance yang melibatkan masyarakat. Selain itu juga akan ada upacara bendera di Nawang Jagad, Kaliurang Barat.

Rencananya, upacara bendera akan menggunakan baju adat. Dengan Plt Dinas Pariwisata Sleman selaku inspektur upacara bakal mengenakan atribut baju adat Nusa Tenggara Timur (NTT). Di akhir acara, peserta dengan konstum terbaik, akan mendapatkan hadiah dari swadaya bersama.

“Animo masyarakat sangat tinggi karena tidak biasanya masyarakat umum bisa mengikuti upacara,” sebutnya.

Pejabat Fungsional Adhyatama Kepariwisataan dan Ekraf Dinas Pariwisata Sleman Rini Wahyu Hestari menambahkan, setelah upacara bendera, akan dilanjutkan acara flash mop tari Badui.

Kolaborasi antara Sanggar Tari Kerincing Manis dari Jaban, Tridadi dan Sanggar Sekar Jayashree dari Balangan Karangpakis Wukirsari, Cangkringan.

“Diharapkan peringatan hari kemerdekaan tahun ini lebih meriah,” harapnya. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal

 

55 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.