Edutek  

Tingkatkan Minat Generasi Muda, Museum Prof Soegarda Poerbakawatja Purbalingga Menggelar Museum Keliling 2023 di 5 Lokasi

Pala pelajar antusias berinteraksi dengan petugas Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga dalam program keliling Museum di 5 Lokasi. Foto. Tar
Pala pelajar antusias berinteraksi dengan petugas Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga dalam program keliling Museum di 5 Lokasi. Foto. Tar

PURBALINGGA – Sebagai upaya meningkatkan minat generasi muda untuk berkunjung ke Museum sebagai destinasi wisata, Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga melangusngkan Program Museum Keliling 2023 yang lebih interaktif.

Dalam program ini  tidak hanya menampilkan sejumlah koleksi Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja. Akan tetapi juga menghadirkan konsep kelas.

“Sehingga, pengunjung tidak hanya akan melihat dan berkenalan dengan koleksi museum. Namun juga bisa mencoba proses pembuatan wayang suket, mendongeng, hingga bermain calungan,” jelas Wasis Andri Wibowo, S.Pd. Kepala Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Purbalingga.

“Kami ingin pengunjung mendapatkan pengetahuan sekaligus pengalaman,l yang unik, sehingga diharapkan minat mereka terhadap museum semakin meningkat,” imbuh Wasis.

Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga menggelar Museum Keliling 2023 di lima lokasi. Yakni, di Kantor Kecamatan Karanganyar pada 2 November 2023.

Kemudian, di Kantor Kecamatan Karangjambu pada 4 November 2023, di Kantor Kecamatan Rembang pada 6 November 2023, Kantor Kecamatan Kejobong pada 8 November 2023 dan di Balai Desa Cendana, Kecamatan Kutasari pada 10 November 2023.

Wasis mengungkapkan bahwa program Museum Keliling 2023 mengusung tema warisan budaya serta potensi dan sejarah lokal yang ada di sekitar lokasi program. Sehingga informasi yang dibagikan akan relate dengan pengetahuan pengunjung

Pada tahun ini, program museum yang digelar pukul 08.00 – 15.00 WIB ini menghadirkan pendongeng Jumanto Jumbo dan Bripka Teguh Riyanto anggota Satlantas Polres Purbalingga untuk menampilkan wayang lalu lintas.

Museum Prof. Dr. R. Soegarda Poerbakawatja Purbalingga yang terletak di pusat kota Purbalingga memiliki ribuan koleksi sejarah, terutama benda peninggalan masa prasejarah. Museum ini didirikan pada 24 April 2003 silam. (tar)

Redaktur: Faisal

61 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com