Edutek  

Peringati Hari Buku Nasional, TBM Cendekia Sekolah Literasi TK Rumahku Tumbuh Jomblang Luncurkan 14 Buku Karya Anak

Acara peluncuran buku karya anak TBM Cendekia sekaligus peringatan  hari Buku Nasional 2024, Jumat (17/05/2024) di halaman sekolah literasi TK Rumahku Tumbuh Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman. Foto: Fefin Dwi S
Acara peluncuran buku karya anak TBM Cendekia sekaligus peringatan  hari Buku Nasional 2024, Jumat (17/05/2024) di halaman sekolah literasi TK Rumahku Tumbuh Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman. Foto: Fefin Dwi S

SLEMAN – Taman Bacaan Masyarakat Cendekia ( TBM Cendekia )meluncurkan buku karya anggota klub literasi anak sekaligus memeriahkan peringatan  hari Buku Nasional 2024, Jumat (17/05/2024) di halaman sekolah literasi TK Rumahku Tumbuh Jomblang, Sendangadi, Mlati, Sleman.

Kegiatan digelar untuk mengenalkan kepada masyarakat luas bahwa TBM Cendekia bersama Sekolah literasi TK Rumahku Tumbuh memiliki komunitas klub literasi anak dan telah menghasilkan karya literasi buku cerita.

“Buku ini merupakan karya dari murid-murid TK Rumahku Tumbuh dan alumninya yang tergabung dalam klub literasi Cendekia,” kata Ketua TBM Cendekia sekaligus pengampu klub literasi Elok Diliyanti SST.Par.

Elok mengungkapkan, pentingnya literasi sejak dini menjadi dasar pemikiran didirikannya klub literasi anak di TBM Cendekia.

Menurutnya, Anak-anak yang terbiasa dengan buku dan cerita akan menjadi generasi pembaca yang memiliki kemampuan bahasa yang lebih baik di masa depan.

“Klub literasi anak Cendekia adalah sebuah komunitas literasi untuk anak usia TK dan SD. Melalui klub literasi, anak-anak tidak hanya menjadi konsumen tetapi produsen cerita dan menghasilkan beragam karya literasi salah satunya adalah buku cerita anak,” ungkapnya.

Baca Juga: Begini Seminar Nasional PPG UNY Tantangan Guru Profesional Masa Depan Dalam Menciptakan Generasi Emas Indonesia

Elok menjelaskan, Hingga saat ini klub literasi anak Cendekia telah meluncurkan buku cerita ber-ISBN sebanyak 7 buku, buku cerita yang dicetak secara mandiri sebanyak 50 buku dan beberapa gambar, puisi, cerpen yang telah dimuat di media cetak Kedaulatan Rakyat Yogyakarta.

“Walaupun kegiatan ini sejak awal berdiri secara swadaya namun akan terus berkomitmen untuk merayakan hari buku dengan menghadirkan karya dari anak-anak klub literasi, dan meyakini setiap kebaikan pasti akan ada yang menolong,” ujarnya

Ia berharap, Melalui kegiatan ini dapat tercipta dampak jangka panjang dalam menghasilkan generasi yang memiliki kegemaran membaca dan menulis serta membangun semangat berkarya sehingga sukses dalam pendidikan dan kehidupan di masa yang akan datang.

Acara peluncuran buku TBM Cendekia ini dihadiri oleh seluruh murid di sekolah literasi yaitu Kelompok Bermain Melati, Rumahku Tumbuh, seluruh anak-anak usia Tk dan SD Warga Jomblang dan sekitarnya. Total peserta yang hadir 137 anak.

Acara dihadiri Kepala dukuh Jomblang, Rifa Yiko Hermawan dan Salimah S.Pd. dari dinas Pendidikan kabupaten Sleman serta para donatur dari masyarakat.

Kepala dukuh Jomblang dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang diselenggarakan sekolah literasi rumahku tumbuh dengan taman bacaannya yang telah menghasilkan anak-anak dengan karya buku yang luar biasa.

Baca Juga: Bau Busuk Sampah Tercium Hingga 1 Km! DLH Kota Yogyakarta Didemo Warga Pengok: Begini Solusi Pansus Penanganan Sampah DPRD

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan ini dan berharap semoga sekolah literasi rumahku tumbuh dengan taman bacaannya semakin maju dalam berkarya,” ucap Rifa.

Selama kegiatan berlangsung anak-anak yang hadir menikmati buku-buku bacaan yang dibawa oleh perpustakaan keliling dari perpusda Sleman.

Acara juga dimeriahkan dengan dongeng oleh Ambar, guru TK Rumahku Tumbuh juga story telling oleh Hussayn Hamada Muhammad Al Yamin (6 thn) dengan judul Mobil Batman dari TK Rumahku Tumbuh dan Didrika T. Donie Sunee (9 tahun) dengan judul Taman Bermain Kesukaan Semut yang juga merupakan alumni dari sekolah yang sama.

Pembagian dorprise lima buah buku cerita karya Pandanwangi Candraningrat juga semakin memeriahkan acara tersebut. (rd1)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com