BMKG DIY Memprediksi, Nanti Malam Yogya akan Diguyur Hujan Lebat Disertai Angin Kencang


BMKG. doc.istimewa

YOGYAKARTA - Badan Meteorologi dan Geofisika Propinsi DIY mempredikasi kota Yogyakarta malam ini akan diguyur hujan dengan intensitas lebat yang disertai dengan angin kencang. Hal itu ditandai dengan munculnya awan comulunimbus yang terlihat pada beberapa saat lalu dengan cuaca yang cukup terik.

Kasi Data dan Informasi BMKG DIY, Tony Aguswijaya menjelaskan, kondisi cuaca terik pada siang hari yang membentuk awan comulunimbus di wilayah Yogyakarta diprediksi akan diguyur hujan lebat dan diserta angin cukup kencang.

"Angin kencang yang ditimbulkan tidak kurang dari 5-7 menit, namun masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap kemungkinan cuaca buruk yang terjadi di wilayah Kota Yogyakarta," ujarnya Selasa (21/1/2014).

diperikarakan juga, akhir bulan Januari hingga awal Februari menurutnya juga masih masuk dalam puncak musim penghujan di wilayah DIY sehingga cuaca di DIY masih mengalami fluktuatif.

Sementara itu, untuk gelombang laut selatan DIY juga menurutnya perlu diwaspadai karena gelombang yang ditimbulkan di pantai selatan DIY mencapai 4 meter yang diakibatkan oleh kecepatan angin laut sekitar 4 Km/jam.

Sebelumnya kondisi cuaca di wilayah DIY terganggu dengan kemunculan badai tropis catrine dan bruce akibat tekanan udara rendah di utara NTB. "Masyarakat dihimbau untuk tetap waspada terhadap gangguan cuaca pada pekan ini yang diprediksi angin kencang akan terjadi saat malam hari di Kota Yogyakarta," tambahnya. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga