Budaya  

Putra Mahkota Paku Alam IX Dilantik Menjadi Pendekar Muda Perisai Diri

YOGYAKARTA – Keluarga Silat Perisai Diri Wilayah DIY memberikan penghormatan kepada keluarga Pura Pakualaman dengan mengukuhkan dan mengangkat Raden Mas Hario Bimo Wijoseno atau KBPH Prabu Suryodilogo (Putra mahkota Paku Alam IX) sebagai Pendekar Muda Perisai Diri DIY.

Ditetapkannya KBPH Suryodilogo sebagai Pendekar Muda Perisai Muda sesuai dengan kualifikasi yang ditetapkan AD ART Organisasi Perisai Mandiri.

Selain itu Menurut sesepuh Perisai Diri DIY, Sunardi Sindumintono menjelaskan, pengangkatan KBPH Suryodilogo sebagai pendekar muda bertujuan agar beladiri warisan budaya bangsa tetap lestari dan berkembang dengan dukungan kalangan keraton Puro Pakualaman sebagai pemangku Budaya.

“Silat Perisai Diri masih butuh seorang tokoh untuk mengembangkan silat ini di DIY agar tidak tergerus dimakan zaman,” ujarnya Minggu (23/02) malam.

Sementara itu, KBPH Suryodilogo mengaku senang dan bangga telah dipercaya keluarga Perisai Diri dengan menyandang Gelar Pendekar Muda.

“Perisai Diri menjadi kewajiban kita bersama untuk mengembangkan serta melestarikan silat sebagai warisan budaya bangsa,” terangnya.

Silat Perisai Diri merupakan satu dari 10 perguruan historis Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) yang didirikan RM Soebandiman Dirdjoatmodjo tahun 1913-1983 yang juga berasal dari keluarga Pura Pakualaman.

Diketahui silat asli Indonesia ini juga telah banyak di kembangkan di sejumlah negara di antaranya Belanda, Inggris, Swiss, Perancis, Jerman, Hongaria, Australia, AS, Jepang, Malaysia, Siagapura dan Timor Leste. (war)

Redaktur: Azwar Anas

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com