Jumat, 23/05/2014 14:19 WIB | Dibaca: 898 kali

Lima Tahun Berturut-turut Kota Yogyakarta Raih WTP


doc.istimewa

YOGYAKARTA - Selama lima tahun berturut, Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kota Yogyakarta meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Peraihan opini tertinggi ini, patut diacungi jempol.

Kepala BPK RI Perwakilan DIY Sunarto mengatakan, meskipun prestasi ini cukup membanggakan namun pemerintah Kota Yogyakarta harus tetap berebanah di beberapa catatan BPK. Apalagi, Sunarto menambahkan, catatan-catatan itu seperti laporan hasil pemerikasaan tahun sebalumnya.

"Paragraf penjelas ini harus diperhatikan Pemkot. Jangan sampai tahun depan masih seperti ini, " ujar Sunarto, Jumat (22/5/2014).

Catatan itu, jelas Sunarto, di antaranya adalah belum masuknya laporan penerimaan dari pengelolaan Edotel di SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta serta pengelolaan rusunawa. Selain itu yang perlu diperhatikan dari Pemkot, terdapat aset tetap hasil sensus yang tidak dapat ditemukan bentuk fisiknya.

"Ada lagi piutang pajak bumi dan bangunan, pelimpahan KPP Pratama yang sudah diverifikasi serta adanya gugatan perdata terkait pemutusan kontrak sepihak di terminal Giwangan, " imbuhnya.

Meski begitu, kata BPK, catatan itu tidak berpengaruh pada pemberian WTP. Pasalnya menurut Sunarto, pencapaian Pemkot di sektor lainnya terbukti baik. (kim)

Redaktur : Azwar Anas


 





Baca Juga