Terima Kunjungan Dubes Swiss, Sultan Gagas Kerjasama Bidang Kepariwisataan


Sri Sultan HB X Terima kunjungan kehormatan Dubes Swiss. Foto:doc/humas Pemda

YOGYAKARTA - Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menerima kunjungan kehormatan dari Duta Besar Suitzerland (Swiss) untuk Indonesia, Younne Barmann,  Jumat (05/12/2014). Dalam kesempatan tersebut, Sri Sultan menggagas tawaran kerjasama bidang kepariwisataan.

Kepada Younne Sri Sultan menjelaskan bahwa Yogyakarta memang selama ini dikenal akan kepariwisataaanya.   Sultan berharap Younne agar bersedia membantu mempromosikan pariwisata Yogyakarta ke negara Swis dan bisa mempererat kerjasama bidang kepariwisataan.

Menurut Sri Sultan,  minat masyarakat Swis untuk berwisata ke Indonesia selama ini cukup tinggi. Di samping itu, kata Sri Sultan, ada beberapa persamaan antara Swiss dan Yogyakarta.

“Swiss memiliki Perguruan Tinggi Pariwisata terkemuka di Dunia dan Dubes diharapkan bisa membantu mendatangkan pakar kepariwisataan Swiss untuk dapat memberikan trainning atau pelatihan untuk SDM pelaku pariwisata di Yogyakarta,” harap Sultan saat menerima kunjungan Younne di Gedung Wilis,kompleks kantor Gubernur (Kepatihan), Danurejan, Yogyakarta.

Younna mengapresiasi gagasan kerjasama yang ditawarkan Sultan. Iapun berjanji akan menyampaikan langsung kepada institusi yang berwenang di Swiis agar bisa ditindaklanjuti.

Menurut Younne ia  bertemu dengan Sri Sultan yang merupakan gubernur sekaligus raja Yogyakarta untuk menyampaikan perkenalannya sebagai Dubes baru Suitzerland untuk Indonesia. Selain itu, Dalam Kunjungan pertama kalinya ke DIY  sejak dilantik menjadi Dubes swis untuk Indonesia  ini, Younne mengaku ingin melihat secara langsung tentang DIY yang dikenal sebagai kota budaya, pariwisata, dan pendidikan terkemuka di Indonesia ini.

Younne  mengaku telah lama mengagumi tentang Yogyakarta sejak tugas sebagai Dubes Swiss di Chili,Santiago. Ia mengetahui Yogyakarta melalui berbagai pemberitaan media elektronik, media online, dan media cetak.

“Bahkan ada majalah yang memuat dihalaman muka sebagai Head Line  tentang DIY di Chili,” ungkapnya dalam bahasa Inggris, sebagaimana dikutip dalam siaran pers Humas Pemda DIY.

Pertemuan diakhiri dengan saling tukar cindera mata. Sri Sultan memberika cindera mata berupa buku tentang sejarah Kraton Yogyakarta. Usai diterima Sri Sultan, Yuonna Barmann langsung bertemu dengan Walikota Yogyakarta Drs.H.Haryadi Suyuti di Balai Kota Yogyakarta.(pr/ian/kontributor)

 

Redaktur: Rudi F


 





Baca Juga