Jumat, 06/03/2015 15:29 WIB | Dibaca: 1150 kali

Muslim Aid Indonesia Adakan Bantuan Fasilitas Air Bersih di Bantul


Tampak warga dan pekerja mengecek sumur bantuan dari Muslim Aid Indonesia. Foto: doc/MD

BANTUL - Muslim Aid Indonesia bekerjasama dengan Muslim Aid Australia, mengadakan bantuan fasilitas air bersih berupa pembangunan sumur untuk ratusan warga di Bantul dan empat lembaga pendidikan di Lombok Timur. Program tersebu bertujuan untuk membuka akses mudah terhadap air bersih sebagai pendukung kehidupan sehari-hari.

“Urgensi untuk menyediakan fasilitas air bersih di sepuluh lokasi ini kami nilai cukup tinggi,” ujar koordinator Muslim Aid Yogyakarta, Suharti pada Jum'at (06/03/2015) dalam rilis yang diterima jogjakartanews.com. “Kondisi masyarakat yang miskin juga menjadi pertimbangan kami dalam memilih lokasi pembangunan fasilitas air bersih.” tambahnya.

Melalui program bantuan ini, diharapkan dapat meningkatkan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat setempat. Faktor penentu lokasi diantaranya adalah tingat kemiskinan yang tidak memungkinkan masyarakat untuk membangun sumur secara swadaya.

Proses pembuatan sumur sendiri dimulai sejak bulan Februari hingga Maret 2015 dengan menggunakan tenaga tukang dan pekerja lokal. Kedalaman sumur masing-masing lokasi bervariasi menyesuaikan kondisi tanah dan air di setiap lokasi. Pengadaan sumur ini juga dilengkapi dengan instalasi air bersih yang meliputi pembuatan resapan air limbah, pemasangan pipa, tangki air dan dudukannya, pemasangan pompa air, kerekan timba dan jerambah sumur.

“Saat ini 6 sumur di daerah Bantul telah selesai dibuat, 3 sumur sedang dalam proses penggalian di Lombok Timur,” tambah Suharti. “Sementara 6 instalasi air bersih di Bantul sedang dalam proses pengerjaan. Diharapkan semua fasilitas akan selesai bulan Maret 2015. (pr/ma)

 Redaktur: Herman Wahyudi

 


 





Baca Juga