Dorong Perekonomian Warga dan Cegah Bencana, Kodim Bantul Gandeng Bikers Tanam Ribuan Pohon


Kodim 0729/Bantul dan Komunitas Bikers gelar kegiatan menanam pohon di pekarangan warga. Foto: Ist/dmb

BANTUL - Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul bersama Komunitas Bikers (penggemar sepeda) Puluhan Touring Comunity (PTC) melaksanakan penghijauan di dusun Puluhan Kidul,Trimurti,Srandakan Bantul, Minggu (21/1/2018).

Dalam kegiatan tersebut, Prajurit Kodim 0729/Bantul dan Komunitas Bikers menanam ribuan pohon dengan beberapa jenis seperti sirsak,nangka,pete dan juga jati.

Komandan Kodim (Dandim) 0729/Bantul, Letkol Inf Yuswanto menuturkan, Kegatan ini disamping sebagai penghijauan juga sebagai bentuk kepedulian TNI dalam mendukung ekonomi masyarakat.
Kabupaten Bantul, kata Dandim, merupakan daerah rawan bencana alam dan salah satu upaya mencegah bencana adalah dengan menanam pohon.

“Masyarakat di sini masih banyak yang kurang memanfaatkan pekarangan untuk menanam pohon yang bernilai ekonomi. Tujuan kami menggandeng masyarakat dan komunitas bikers ini diantaranya sebagai langkah antisipasi dampak bencana alam dan juga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat dengan tanaman produktif,” ungkap Dandim di sela-sela kegiatan kemarin.

Dikatakan Dandim, dengan menggandeng semua komunitas seperti komunitas bikers di Bantul dalam kegiatan penghijauan juga sebagai langkah untuk menumbuhkan semangat kepedulian bagi sesama.

“Ini sekaligus menepis image kalau bikers hanya punya kegiatan yang bersifat hura hura saja,” imbuh Dandim.

Sementara Ketua Bikers PTC,  Agus Tri Wibawa mengatakan bhakti sosial penghijauan bersama  Kodim Bantul ini merupakan aksi nyata kepedulian para bikers dibawah naungan PTC untuk kelestarian lingkungan.

“Bukan hanya bikers dari PTC saja namun juga melibatkan bikers dari berbagai club dibantul dalam aksi sosial kali ini,” ujar Agus.

Agus menjelaskan salah satu syarat jadi bikers PTC diantaranya adalah  punya jiwa sosial yang tinggi, tertib lalu lintas dan juga tidak mempunyai riwayat terlibat narkoba.

“Kegiatan sosial penghijauan kali ini jadi  langkah awal aksi sosial PTC pada tahun ini karena rencananya juga akan melakukan aksi sosial dengan melakukan  touring membawa bantuan ke daerah yang paling pelosok dan terpencil di pulau jawa,” pungkasnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga