Rabu, 31/01/2018 22:03 WIB | Dibaca: 656 kali

Banyak PAUD dan PNF di DIY Belum Terakreditasi, Sleman Tertinggi


Acara Penyerahan Sertifikasi BAN PAUD dan PNF di DIY, di Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Upaya untuk melakukan akreditasi terhadap Pendidikan Aanak Usia Dini dan Pendidikan Non Formal (PAUD dan PNF) yang ada di DIY telah dilakukan oleh Badan Aakreditasi Nasional (BAN) PAUD dan PNF sejak tahun 2011.

Ketua BAP PAUD PNF Dra Nuril Hidayati mengungkapkan, jumlah PAUD dan PNF yang telah diakreditasi, terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Dari 45 lembaga di tahun 2011 menjadi 1090 di tahun 2017.  

Menurut Nuril, sampai dengan awal tahun 2018 masih tersisa 3958 yang belum terakreditasi dengan rincian PAUD PNF yang berlokasi di Kabupaten Bantul 586 lembaga, Kabupaten Sleman 913 lembaga, Kota Yogyakarta 730 lembaga, Kulon Progo 821 lembaga, dan Gunung Kidul 900 lembaga,

“Sleman menjadi kabupaten dengan jumlah PAUD dan PNF tertinggi se-DIY yang belum terakreditasi sampai awal 2018,”  Katanya dalam laporan kegiatan yang disampaikan dalam acara Penyerahan Sertifikasi BAN PAUD dan PNF di DIY, di Gedung Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Kamis (31/01/2018).

Dikatakan Nuril, dengan semakin pentingnya PAUD dan PNF di masyarakat, maka harus diimbangi dengan peningkatan kualitas. Akreditasi, kata dia, merupakan penilaian program dan kesatuan PAUD dan PNF berdasarkan kriteria yang ditetapkan,

“Akreditasi adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas mutu Pendidikan,” katanya.

Sementara sertifikat akreditasi BAN PAUD PNF diserahkan kepada 150 lembaga PAUD PNF yang ada di DIY. Rinciannya, 31 lembaga berada di Kabupaten Bantul, 24 lembaga berada di Kabupaten Sleman, 44 lembaga berada di Kota Yogyakarta, 31 lembaga berada di Kulon Progo, dan yang berada di Gunung Kidul sebanyak 20 lembaga.     

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Drs Budi Haryana, MSi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X berpesan agar lembaga yang menerima sertifikat hendaknya semakin memahami akan peranan dalam mencerdaskan anak-anak PAUD dan PNF serta mengupayakan mutu dan kualitas anak-anak didik melalui PAUD dan PNF.

“Ke depannya Bapak Gubernur DIY berharap agar DIY mampu mencetak generasi muda penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dalam pendidikan akademis semata akan tetapi juga didukung oleh akhlak dan moral yang baik,” kata Budi Haryana.

Hadir pula dalam acara tersebut, Kepala Bidang PNFI Dinas Pendidikan, Pemuda Dan Olahraga DIY Dra Mulyani Yuni Praptiwi, MSi, Ketua BAP PAUD PNF Dra Nuril Hidayati.

Sertifikat akreditasi BAN PAUD PNF secara simbolis diserahkan Staf Ahli Gubernur DIY Bidang Sosial, Budaya dan Kemasyarakatan, Drs Bayu Haryana, MSi kepada 14 lembaga PAUD PNF.

Ke-14 lembaga tersebut adalah, RA Ar Raihan Bantul, KB Bina Buah Hati Bantul, TK Aisyah Pembina Banguntapan Bantul, RA Jauzaa Rahma Kota Yogyakarta, TK ABA Karangkajen Kota Yogyakarta, TK Santa Theresia I Gunungkidul, KB An Nuur Sleman, TK Budi Mulia II Pandeansari Sleman, TPA Kuncup Mekar Kulon Progo, LKP Patriot Bangsa Bantul, PKBM Mandiri Bantul, LKP Nusa Indah Gunungkidul, LKP Budi Mulia II Sleman, dan LKP Alpha kota Yogyakarta. (kt1)

Redaktur: Fefin Dwi. S  

 

 

Berita Terkait

 





Baca Juga