Antisipasi Dampak Kondisi Keamanan Kawasan Asia Pasifik, LEMHANNAS Akan Selenggarakan FGD dengan Para Pakar di DIY


Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Djagal Wiseso Marseno beserta robongan saat mengunjungi Wagub DIY, Sri Paduk Paku Alam IX. Foto: Ja'faruddin. AS

YOGYAKARTA - Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Sri Paduka Paku Alam X, menerima kunjungan jajaran Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) di Gedung Pareanom, Kepatihan, kompleks Kantor Gubernur DIY, Selasa (13/03/2018) siang.

Rombongan dari Lemhannas RI dipimpin Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ir. Djagal Wiseso Marseno, M.Agr.

Dalam kesempatan tersebut, Prof Djagal menyampaikan bahwa Lemhannas akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) bersama para pakar dari Jajaran Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkompinda) DIY dan akademisi dari berbagai Perguruan Tinggi di DIY.

Menurut Prof Djagal, FGD akan dilaksanakan besok, Rabu (14/03/2018) di Hotel Eastparch, Jl. Laksda Adi Sucipto, Seturan, Yogyakarta dan akan dibuka pada Pukul 09.00 WIB. 

"Nantinya FGD akan melakukan kajian jangka panjang tentang mengantisipasi kondisi keamanan kawasan Asia Pasifik guna mengurangi implikasinya dalam rangka ketahanan nasional," katanya.

Dikatakan Prof Djagal, FGD yang dilaksanakan dengan dasar surat perintah Gubernur Lemhannas RI tersebut akan menghadirkan empat narasumber. Yaitu, Prof.Dr. Budi Winarmo (Guru Besar Hubungan Internasional Fisipol UGM), Dr. Zaenal Arifin Muchtar (Ketua Pusat Kajian Anti Korupsi FH UGM), Prof. Dr. Mochtar Mas'oed (Ketua Departemen Hubungan Internasional Fisipol UGM) dan Prof.Dr. Agustinus Supriyanto ( Ketua Pusat Studi Asia Pasifik UGM).

Sedangkan untuk pembahas, kata Prof Djagal, akan dihadirkan empat pakar yang berkompeten. Kempatnya adalah Dr. Siti Mutiah Setyawati (Dosen Hubungan Internasional Fisipol UGM),
Dr. Nurachmat Yuliantoro (Ketua Departemen Ilmu Hubungan Internasional Fisipol UGM), Prof.Dr. Djawahir Thantowi, SH, Ph.D (Pakar Hukum Internasional UII) dan Dr. Artidiatun Adji, M.Ec, MA (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UGM).

"FGD besok akan dimoderatori oleh Taprof Bidang Pednas dan Sosbud Lemhannas RI, Mayjen TNI (Purn) Dr. Putu Sastra Wingarta, SIP, M.Sc, dengan peserta sekira 39 orang dari berbagai unsur pimpinan Daerah DIY dan Perguruan Tinggi," imbuhnya.

Sri Paduka Paku Alam IX mengapresiasi kegiatan FGD Lemhannas RI. Sri Paduka juga mengucapkan terimakasih karena Yogyakarta menjadi tempat FGD.

Sri Paduka berharap, hasil FGD Lemhannas nantinya akan menjadi salah satu masukan untuk pemerintah, dalam hal ini Presiden RI guna menghadapi kondisi keamanan Asia Pasifik dewasa ini, yang berpotensi mempengaruhi beragai aspek kehidupan bagi Bangsa Indonesia.

"Mudah-mudahan hasil FGD Lemhannas nantinya akan memberikan kontribusi positif untuk Bangsa Indonesia serta meningkatkan ketahanan nasional kita," harap Sri Paduka.

Sekadar informasi, dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu Jam dimulai sekira Pukul 11.00 hingga 12.00 WIB tersebut, Sri Paduka didampingi Kepala Kantor Kesbang DIY, Agung Supriyono, SH. Sedangkan dalam rombongan Lemhannas yang dipimpin Prof Djagal, turut mendampingi Ketua Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas Komisariat DIY (IKAL DIY), Sugiyanto H Semangun. (rd)

Redaktur: Ja'faruddin. AS

 


 





Baca Juga