Sabtu, 24/03/2018 08:37 WIB | Dibaca: 465 kali

Nuansa Baru TMMD di Mata Masyarakat: Tentara Semakin Lekat di Hati


Prajurit anggota Satgas TMMD Kodim 0734/Yka terlihat akrab berbaur dengan masyarakat. Foto: ist

YOGYAKARTA – TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 101 Tahun 2018 yang dilaksanakan Kodim 0734/Yogyakarta di Kelurahan Pandeyan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, mampu menghadirkan nuansa berbeda. Dalam pelaksanaan TMMD tahun ini, kebersamaan antara prajurit TNI dan masyarakat semakin kental.

Hal itu seperti pengakuan Sugiarto warga Gambiran Rt 42 Rw 11, Kelurahan Pandean,

“Para prajurit berbaur dengan kami masyarakat biasa, ini sungguh mengesankan bagi saya,” ujarnya Jumat (23/03/2018) kemarin.

Menurut Sugiarto, sosok tantara kenyataannya tidak seperti yang banyak orang bayangkan selama ini. Kesan galak dan kaku tidak nampak dalam pribadi prajurit Satgas TMMD dari Kodim 0734/Yogyakarta,

“Justru sekarang saya merasa tentara semakin lekat di hati,” tukas pria paruh baya yang bekerja sebagai penjaga Kantor Perindustrian di Pandeyan ini.

Dengan adanya Satgas TMMD, kata Sugiarto, sangat membantu masyarakat Pandeyan dari segi kebersihan dan kelayakan lingkungan. Hal itu sekaligus menurutnya, masyarakat luas bisa mengetahui bahwa masyarakat Pandean sangat bisa berinteraksi dengan TNI.

“Walau saya tidak mendapat apa-apa tetapi saya Rela membantu Satgas TMMD, semua itu demi kepentingan membantu masyarakat, seperti Anggota TNI bekerja untuk rakyat tidak ada pamrih apapun, seperti saya juga sangat terbuka dengan TNI,” imbuhnya.

Hal senada juga diungkapkan Rusmono (62) warga Rt 30, Rw 08, Gambiran, Pandeyan. Dikatakan Rusmono, TMMD banyak membawa berkah bagi masyarakat di kelurahannya. Ia menilai pembangunan fisik  yang dilaksanakan seperti pembuatan talud di bantaran Sungai Gajah Wong, bedah rumah tak layak huni milik warga, pembangunan MCK dan renovasi Balai RW sangat dibutuhkan warga,

“Berkat adanya kegiatan TMMD ini, kampung-kampung di Pandeyan menjadi semakin asri dan nampak rapi,” imbuh dia.

Disela – sela menjalankan tugas, anggota Satgas TMMD juga selalu menjalin Komunikasi Sosial (Komsos) dengan warga. Dengan tanpa sungkan layaknya keluarga sendiri, para prajurit menyambangi warga untuk bertegur sapa dan berbagi cerita. Hal itu jelas terlihat ketika Komsos dilaksanakan di rumah Maryono (49) warga RT.47 RW.08 Gambiran oleh Sertu Ari Fitriyanto.

Meski dalam kesempatan tersebut membahas tentang pentingnya menjaga kondusifitas wilayah, namun tidak terasakan oleh Maryono sebagai sesuatu yang  menjemukan apalagi menegangkan,

“Cara berkomunikasi Prajurit seperti yang ditunjukkan Sertu Ari ini mengalir, sehingga apa yang dibahas mengasyikkan,” katanya.

Sebagai salah satu warga yang mendapat bantuan renovasi rumah tak layak huni dari program TMMD, Maryono mengucapkan terima kasih. Ia berharap kerja sama yang sangat baik antara TNI dan Rakyat dapat ditingkatkan,

“Saya selalu berharap agar kerjasama TNI dengan masyarakat di Pandeyan terus ditingkatkan, terutama guna menjaga keamanan dan dalam pemerataan pembanggunan di wilayah kampung kami,” ujarnya.

Sertu Ari Fitriyanto mengatakan, memberikan rasa aman kepada masyarakat memang sudah menjadi tugas Babinsa. Namun demikian, kata Babinsa Koramil 07/Umbulharjo  ini, semua itu tidak akan dapat berjalan tanpa adanya dukungan dan kerja sama dengan masyarakat,

“Komsos ini mencerminkan kepedulian aparat teritorial kepada masyarakat ditengah-tengah warga serta siap membantu tanpa pamrih dalam Program TMMD Ke – 101 ini. Selain itu juga untuk mengetahui perkembangan situasi diwilayah Pendeyan,” katanya.

Danramil 07/Umbulharjo, Mayor Kav Cecep Saifudin  mengatakan seluruh anggota Satgas TMMD dari Kodim 0734/Yogyakarta, sesuai perintah Komandan Kodim (Dandim) Letkol Inf Rudy Firmansyah, S.E., M.M supaya intensif melaksanakan kegiatan Komsos.

“Dalam menjalin komunikasi antara aparat Komando kewilayahan dengan masyarakat bisa dilakukan dimana saja. Seperti saat dinas di Koramil maupun diwaktu tugas kewilayahan maupun oleh Satgas TMMD Kodim 0734/Yogyakarta saat Pra TMMD atau sesudah pelaksanaannya,” tandas Mayor Cecep

Danramil berharap anggota Satgas juga dapat bersinergi dengan aparat pemerintah serta elemen masyarakat untuk memperkokoh kemanunggalan TNI dengan Rakyat dan menjalin rasa persatuan dan kesatuan guna menjaga kondusifitas wilayah demi tetap tegaknya NKRI. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

 


 



Terpopuler


Baca Juga