Antisipasi Radikalisme di Dunia Maya, Kodim Bantul Selenggarakan Literasi Media


Kodim Bantul menyelenggarakan kegiatan literasi media. Foto: ist

BANTUL- Komando Distrik Militer (Kodim) 0729/Bantul menyelenggarakan kegiatan Literasi Media di aula Makodim 0729/Bantul, kemarin, Selasa (27/03/2018). Kegiatan diikuti seluruh Prajurit, PNS dan Persit Kodim 0729/Bantul.

Hadir sebagai pemateri, Kepala Penerangan Korem (Kapenrem) 072/Pamungkas, Mayor Caj Samsul Maarif, S.Ag. Menurut Mayor Samsul, literasi media merupakan bentuk pencegahan terhadap paham radikal dan terorisme yang berkembang dan menjadi faktual bagi masyarakat Indonesia.

“Fenomena radikalisme yang semakin luas merambah ke virtual world (dunia maya)  menunjukkan masih adanya celah yang dapat dimanfaatkan oleh kelompok atau organisasi radikal dan teroris dalam menyebarkan paham radikalisme,” ujarnya.

Kapenrem 072/Pmk menjelaskan, upaya - upaya propaganda radikalisme ini mudah menyebar keseluruh dunia karena perkembangan teknologi komunikasi, seperti maraknya berbagai aplikasi dan sarana media sosial serta kemudahan dalam mengakses berbagai situs media sosial dan media online.

"Para Prajurit TNI, PNS dan keluarga harus senantiasa selalu waspada dalam menyikapi hal tersebut, jangan pernah mudah terpengaruh dengan berita hoax yang belum tentu kebenarannya, serta propaganda adu domba melalui media sosial," tandas Kapenrem.

Kapenrem mengingatkan, dalam penggunaan sarana media sosial harus lebih berhati – hati. Sebagai upaya melawan hoax, kata dia, maka sebarkan hal positif, seperti memakai bahasa yang santun, bijak, tidak menebar fitnah dan kebencian kepada seseorang maupun golongan,

“Karena dapat merugikan diri sendiri dan orang lain, sesuai dengan UU ITE kini menjadi suatu tindakan dalam hukum,” pungkas Mayor Samsul. (kt3) 

Redaktur: Rudi F

 

 


 





Baca Juga