Jumat, 13/04/2018 21:13 WIB | Dibaca: 619 kali

Penuhi Syarat Kenaikan Pangkat, Prajurit dan PNS LANAL Ikuti Urikes


Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) Rutin prajurit dan PNS Lanal di BK Lanal Yogyakarta. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta melaksanakan Uji Pemeriksaan Kesehatan (Urikes) Rutin TA. 2018, yang dilaksanakan di Balai Kesehatan (BK) Lanal Yogyakarta, Jl. Bintaran Kidul, Yogyakarta, selama 3 hari mulai Senin s.d. Rabu (9-11/04/2018).

Urikes rutin yang diselenggarakan oleh Tim dari Dinas Kesehatan (Diskes) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V dipimpin Mayor Laut (K) Guno Wardoyo beserta 10 personel bekerjasama dengan BK Lanal Yogyakarta.

Menurut Mayor Laut (K) Guno Wardoyo, Urikes dilaksanakan sebagai upaya mengetahui kondisi kesehatan fisik luar dan dalam setiap personel. Selain untuk mengetahui tingkat kesehatan badan para Prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta, kata dia, Urikes juga diperuntukan bagi persyaratan Usulan Kenaikan Pangkat (UKP) dan mengikuti seleksi pendidikan.

“Deteksi dini bila ditemukan gangguan dan kelainan kesehatan dan secara administarsi sebagai data record medis personel untuk penugasan dan sebagai persyaratan kenaikan pangkat,” ujarnya.


Pelaksanaan Urikes rutin di BK Lanal Yogyakarta ini diperuntukkan bagi para Perwira Pertama (Pama), Bintara, Tamtama dan PNS keseluruhan, sedangkan untuk Perwira Menengah (Pamen) melaksanakan Urikes di Rumah Sakit TNI Angkatan Laut (RSAL) dr. Ramelan Surabaya.

Komandan Lanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E., M.Pd pada hari Senin (9/4) melaksanakan pengecekan langsung pelaksanaan Urikes, untuk meyakinkan bahwa seluruh personel Lanal Yogyakarta benar-benar melaksanakan tahapan pelaksanaan Urikes rutin sesuai jadwal personel.

Dalam kesempatan tersebut Danlanal menekankan bahwa tingkat kesehatan fisik para prajurit dan PNS harus selalu terjaga dan terkontrol. Danlanal mengingatkan, perlu upaya kesadaran pribadi prajurit dan PNS semuanya semata-mata ditujukan juga untuk mendukung kelancaran tugas pokok prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta dalam mengemban berbagai bidang penugasan,

“Karena kesehatan dan kebugaran fisik menjadi modal utama dalam menjalankan tugas yang diemban. Silahkan ikuti tahapan-tahapan pelaksanaan Urikes ini serta agar Prajurit dan PNS jangan takut dan tidak ragu ragu melaksanakannya, justru dengan Urikes rutin kita secara dini mengetahui kondisi kesehatan kita bila ada kelainan atau sakit, semua harus mengetahui tingkat kesehatan dan kemampuan fisik masing-masing ", Kata Danlanal saat menyampaikan arahan.

Terkait pelaksanaan Urikes rutin tahun 2018 t, Kepala BK Lanal Yogyakarta, Kapten Laut (K) Ngadino menyampaikan bahwa pencapaian jumlah personel melaksanakan Urikes rutin tahun ini mencapai 95 %, adapun personel yang belum melaksanakan Urikes pada periode ini karena tugas luar/SO Pertamina dan sedang menjalani tugas pendidikan.

Adapun tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan pada Urikes tersebut, personel pada malam hari pukul 22.00 sudah puasa sebelum melaksanakan Urikes dan pada pagi harinya melaksanakan tes darah darah, tes urin, pengukuran tensi badan, pemeriksaan telinga hidung dan tenggorokan (THT), pemeriksaan gigi, pemeriksaan mata, pemeriksaan jantung (EKG) dan rontgen. (kt2)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga