Basarnas dan Pelajar Ikuti Upacara Hari Jadi TNI AL di Lanal Yogyakarta


Upacara Peringatan HUT TNI AL ke 73 di Lanal Yogyakarta. Foto: Benu

YOGYAKARTA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta menggelar upacara Hari jadi TNI Angkatan Laut (AL) Ke-73,  yang diperingati setiap 10 September,  di lapangan apel Mako Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan No. 62 Baciro Yogyakarta, Senin (10/09/2018).

Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AL Ke-73, Tahun 2018 ini mengusung tema "Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut".

Peserta upacara selain diikuti personel militer dan PNS Lanal Yogyakarta, juga melibatkan peserta lain yakni 1 SST Basarnas DIY, 1 SST Mahasiswa Akademi Maritim Yogyakarta (AMY) serta 1 SST gabungan pelajar binaan Pramuka Saka Bahari Lanal Yogyakarta.

Peserta dari Lanal Yogyakarta sendiri terdiri dari 1 kelompok gabungan Perwira Staf dan Kowal, 1 SST bersenjata Bintara Pelaut, 1 SST bersenjata Prajurit Marinir, 1 SST bersenjata Tamtama dan 1 SST PNS Lanal Yogyakarta.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) adalah Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd, dan Komandan Upacara (Danup) Kapten Laut (E) Totok Musyanto.

Amanat Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E, M.M., pada upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut Ke- 73, tanggal 10 September 2018 dibacakan oleh Inspektur Upacara. Dalam amanatnya, Kasal mengamanatkan bahwa upacara hari ini memiliki arti yang penting bagi TNI AL,

“Karena berdasar fakta sejarah  tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak sejarah berdirinya TNI Angkatan Laut, kurun waktu 73 tahun tersebut telah banyak pengorbanan jiwa dan raga oleh para pejuang dan pendahulu kita, oleh karena itu sebagai generasi penerus sudah sepantasnya kita harus menteladani semangat patriotisme, keikhlasan dan rela berkorban untuk kejayaan TNI Angkatan Laut, TNI serta bangsa dan negara Indonesia,” tutur Danlanal membacakan amanat Kasal.

Adapun sebagai tambahan amanat Danlanal Yogyakarta pada upacara disampaikan ucapan Dirgahayu Hari Jadi TNI Angkatan Laut Ke-73 Tahun 2018 kepada seluruh prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta,

“Semoga upacara yang kita gelar pagi ini dapat menjadi momentum instropeski dan evaluasi diri dalam upaya memberikan yang terbaik bagi TNI Angkatan Laut melalui pengabdian dinas di Lanal Yogyakarta” ungkapnya.

“Kepada rekan-rekan Basarnas DIY dan para pelajar binaan, disampaikan ucapkan terima kasih atas peran serta mengikuti upacara Peringatan Hari Jadi TNI Angkatan Laut di Lanal Yogyakarta, semoga sinergitas dan kebersamaan ini semakin memantapkan tekad dan semangat kita dalam pengabdian kepada nusa dan bangsa Indonesia,” tutur Danlanal Yogyakarta mengakhiri amanatnya. (ben)


Redaktur: Fefin Dwi S


 





Baca Juga