Minggu, 30/09/2018 20:12 WIB | Dibaca: 501 kali

Lanal Yogyakarta Semarakkan Kirab Flag Riley Keliling Kota Yogyakarta


Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, saat membawa sang Merah Putih.Foto:ist

YOGYAKARTA - Dalam upaya mengelorakan rasa nasionalisme serta sebagai wujud kemanunggalan TNI dan rakyat dalam rangkaian peringatan HUT TNI ke-73 Tahun 2018, Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta-Lantamal V Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd bersama unsur pimpinan TNI Polri dan Forkompinda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melaksanakan penyambutan dan pawai Kirab Bendera (Flag Relay) Merah Putih Keliling kota Yogyakarta, Minggu (30/09/2018). 

Gelar pawai Kirab Bendera (Flag Relay) Merah Putih di kota Yogyakarta tersebut merupakan rangkaian kegiatan kirab yang juga dilaksanakan dibeberapa kota Indonesia, sebagai titik star keberangatan kirab di Titik Nol Km Kota Sabang pada tanggal 28 September 2018 dan kirab akan menempuh rute  Sabang-Banda Aceh, Pekanbaru-Riau, Palembang-Sumsel, Yogyakarta-DIY, Surabaya-Jatim, Balikpapan-Kaltim, Manado- Sulut, Makassar-Sulsel, Kupang-NTT, Ambon-Maluku, Sorong- Jayapura, dan berakhir di Merauke-Papua pada tanggal 04 Oktober 2018.

Tepat pukul 07.45 Wib Tim Pembawa Bendera Merah Putih dari Mabes TNI yang diangkut pesawat TNI AU HI-7304 dari Lanud  Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Riau dengan pengawalan 4 pesawat tempur F16- Lanud Iswahjudi tiba di Baseops Lanud Adisutjipto Yogyakarta, pejabat TNI Polri DIY hadir dalam penyambutan kedatangan adalah Danrem 072/PMK, Danlanud Adisucipto, Kapolda DIY serta unsur Forkompinda DIY.

Rangkaian acara penyambutan diawali dengan penampilan tarian selamat datang tradisional Yogyakarta tari Pudyastuti dilanjutkan pengalungan bunga oleh para pejabat kepada para atlit prajurit TNI berprestasi dalam ivent Asian Games 2018, selanjutnya bendera Merah Putih diserahkan kepada Danlanud Adisucipto, Marsma TNI Ir. Teddy Rizalihadi beserta Tim Kirab Bendera Merah Putih untuk diarak keliling kota Yogyakarta dengan konvoi Rantis Kikavser TNI AD dan Brimob DIY bersama prajurit TNI perwakilan tiga matra pembawa Pataka Mabes TNI, TNI AD, TNI AL dan TNI AU, turut meramaikan konvoi keliling kota Yogyakarta dari komunitas motor dan mobil DIY. 

Sepanjang perjalanan dari Lanud Adisutjipto menuju kantor DPRD DIY di Jl. Malioboro prajurit TNI pembawa Bendera Merah Putih disambut meriah oleh warga yang menyaksikan arak-arakan konvoi tersebut, konvoi kendaraan pawai berhenti di depan kantor DPRD DIY, untuk selanjutnya bendera Merah Putih diserahkan dari Danlanud Adisucipto kepada Danrem 072/Pmk Brigjen TNI M. Zamroni, S.Ip, dengan berjalan kaki pawai sepanjang Jl. Malioboro yang diikuti unsur prajurit TNI Polri, bergodo prajurit kraton serta elemen masyarakat DIY menuju Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta.

Pembawa bendera Merah Putih diserahkan kepada Kapolda DIY Brigjen Pol Drs. Ahmad Dofiri tepat di depan kantor Kepatihan Pemprov DIY, untuk selanjutnya di depan hotel Mutiara diserahkan kepada Danlanal Yogyakarta, Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd didampingi perwira staf Lanal Yogyakarta melanjutkan pawai di Jl. Malioboro dan secara estafet pembawa bendera selanjutnya diserahkan kepada Dandim Kota Yogyakarta dan Kapolresta Yogyakarta.

Setibanya di Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta, pembawa bendera Merah Putih terahkir disambut dan diterima oleh Wakil Kepala Istana Negara Gedung Agung Yogyakarta Bpk. Nur Yulianto, S.E bersama unsur organisasi pemuda dan masyarakat DIY antara lain FKKPI, PPI, Menwa, pelajar dan Pramuka DIY.

Sebagai rangkaian ahkir kirab di kota Yogyakarta, bendera Merah Putih dibawa menuju kembali ke Baseops Lanud Adisucipto dengan iringan konvoi kendaraan TNI Polri dan komunitas motor mobil DIY untuk selanjutnya diserahkan oleh Danlanud Adisucipto kepada Tim Bendera Merah Putih Mabes TNI dan akan diterbangkan dengan pesawat  TNI AU HI-7304 ke kota Surabaya Jawa Timur untuk melanjutkan rute rangkaian Kirab Bendera (Flag Riley) Merah Putih melintasi beberapa wilayah Indonesia.

Dalam kesempatan menyemarakkan pawai kota Yogyakarta ini, Lanal Yogyakarta mendapat dukungan 45 personel dari prajurit Lanal Semarang dipimpin oleh Kapten Laut (PM) Kusno, hal ini menurut Danlanal Yogyakarta agar jajaran TNI Polri dan masyarakat Yogyakarta dapat lebih mengenal gelar kekuatan unsur TNI Angkatan Laut sebagai bagian unsur kekuatan pertahanan dan keamanan di wilayah DIY dan Jawa Tengah. (*)

Sumber: Penerangan Lanal Yogyakarta


 



Terpopuler


Baca Juga