IKKJ Berkomitmen Hadirkan Konten Positif dan Informatif di Sosial Media


Komunitas IKKJ mengikuti kegiatan silaturahmi dan pembinaan Netizen Polres Kulonprogo. Foto: ist

KULONPROGO – Pegiat Sosial Media (Sosmed), mengikuti silaturahmi dan pembinaan Netizen Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta (Polda DIY) di Rumah Makan Ingkung Sawah, Pengasih, Kulonprogo, Kamis (13/12/2018) malam.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh Polres Kulonprogo, hadir sebagai peserta diantaranya pengurus dan anggota Komunitas Informasi Kecelakaan dan Kriminalitas Jogja (IKKJ). IKKJ sendiri memanfaatkan Sosmed Facebook sebagai sarana informasi dan komunikasi antar anggota dan masyarakat.  

Kapolres Kulonprogo, AKBP Anggara Nasution SH ,SIK, MM mengatakan, kegiatan silaturahmi dengan para nitizen bertujuan untuk menekan berkembangnya berita-berita atau informasi hoax, sehingga tidak menimbulkan keresahan dan gangguan kemananan dan ketertiban masyarakat.

Aanggara juga berharap, bagi komunitas pegiat Sosmed, seperti IKKJ bisa mengungah konten positif serta menghindari hoax,

“Harapannya supaya para admin Facebook (dan sosmed lainnya) bisa memfilter berita berita hoax, ujaran kebencian, porno aksi dan sebagainya,” harapnya.

Dalam kesempetan tersebut Anggara menginformasikan, untuk menekan angka kecelakaan yang terjadi di wilayah kulon Progo, Polres Kulonprogo juga sudah mempunyai program untuk pelajar,

“Kami melakukan penyuluhan tentang kecelakaan lalu lintas serta penyuluhan tentang kenakalan remaja yang sudah dilaksanakan sudah hampir ke 150 sekolah,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua IKKJ, Iwan Setiawan S.ip mengatakan, admin IKKJ akan selalu berperan aktif dalam menciptakan kenyamanan pengguna Sosmed dengan menekan berita-berita yang tidak ada dasar sumber terpercaya dan diragukan kebenarannya.

Menurutnya IKKJ sebagai pengguna Sosmed aktif yang sekarang beranggotakan sekira 500 ribu member, menghindari perilaku negative di Sosmed,  seperti saling buly,

“Facebook IKKJ berisi konten yang menciptakan suasana kondusif serta informatif. Hampir setiap hari sekira 50 sampai 100 postingan tentang kecelakaan,kriminalitas serta bencana  masuk ke Facebook IKKJ. Admin IKKJ hampir selalu monitor selama 24 jam,” kata  Iwan. (kt1)

Redaktur: Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga