Lanal Yogyakarta Penyelenggara Upacara Peringatan Hari Nusantara Tingkat DIY


Jajaran TNI-Polri dan Forkompinda DIY mengikuti Upacara Peringatan Hari Nusantara 2018. Foto: ist

YOGYAKARTA - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V menjadi penyelenggara Upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 Tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang dilaksanakan di lapangan Panahan Jl. Kenari Yogyakarta, Kamis (13/12/2018).

Ketua panitia penyelenggara upacara Peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 Tingkat DIY, Perwira Pelaksana (Palaksa) Lanal Yogyakarta, Letkol Laut (P) R Haryo Wiji Pratomo, S.H, S. Mar Stud mengatakan, upacara peringatan Hari Nusantara 2018 mengusung tema "Perwujudan Kesatuan Nusantara yang Utuh Melalui Deklarasi Juanda Menuju Poros Maritim Dunia".

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) DIY, Brigjen Pol Drs. Achmad Dofiri, M. Si dan Komandan Upacara (Danup) oleh Mayor Laut (PM) Adhi Kurnianto. Sedangkan bertindak selaku Perwira Upacara (Paup) oleh Pjs. Perwira Staf Operasi (Pasops) Lanal Yogyakarta Kapten Laut (E) Agus Murdianto,

“Upacara  terlaksana dengan lancar, tertib dan khitmad,” katanya dalam pernyataan resmi Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Jumat (14/12/2018).

Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irup, mengatakan,  penyelenggaraan hari Nusantara yang dilaksanakan saat ini tidak terlepas dari Perjuangan Bangsa Indonesia untuk mewujudkan Negara Kesatuan Republik Indonesia sebagai Negara Kepulauan, yang pertama kali tercetus melalui "Deklarasi Djoeanda" pada tanggal 13 Desember 1957,

“Konsep Indonesia sebagai negara kepulauan (Arcipelagic State) diakui dunia setelah United Nation Convention on the Law Of the Sea (UNCLOS) disahkan pada tanggal 10 Desember 1982 melalui Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa tentang Hukum Laut,” kata Irup membacakan sambutan Mendagri.

Menurut Mendagri,  pencemaran laut merupakan salah satu masalah lingkungan yang dihadapi saat ini dan seringkali disebabkan oleh aktivitas atau kegiatan manusia, baik yang dilakukan secara langsung maupun tidak langsung,

“Munculnya berbagai berita mengenai polusi dan pencemaran ekosistem laut kita akibat polusi dan pencemaran bahan-bahan non organik yang sulit terurai, tentu menggugah keprihatinan kita bersama,” ungkap mendagri dalam sambutan tertulisnya.

Upacara dihadiri Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Laut (P) Arya Delano, S.E, M.Pd dan para pejabat TNI Polri dan unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) DIY serta pimpinan instansi dan dinas wilayah DIY.

Peserta upacara terdiri dari 1 kompi gabungan Perwira Pertama (Pama) TNI Polri, 1 kompi gabungan Wanita TNI, 1 kompi gabungan Taruna AAU, Pom TNI, Yonif 403, Lanal Yogyakarta dan Lanud Adisucipto, 1 Ton Brimob, 1 Ton Airud, 1 Ton Pol PP, 1 Ton Menwa, 1 Ton PNS TNI Polrib dan PNS Pemprov DIY, 1 Ton gabungan Pramuka dan pelajar, 1 Ton gabungan FKPPI/KNPI, PPI dan komunitas Orari.

Di sisi lain, upacara peringatan Hari Nusantara Tahun 2018 juga digelar secara internal di Markas Komando (Mako) Lanal Yogyakarta Jl. Melati Wetan No. 62 Baciro Yogyakarta dengan Irup oleh Perwira Staf Administrasi dan Logistik (Pasminlog) Lanal Yogyakarta Letkol Laut (KH/W) Endang Purwati dengan peserta upacara segenap prajurit dan PNS Lanal Yogyakarta. (kt1)

 

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga