Gunungkidul Kekeringan, Lanal Yogyakarta Gelontorkan Bantuan Air Bersih


Lanal Yogyakarta memberikan bantuan air bersih untuk warga Kecamatan Tepus, Gunungkidul. Foto: ist

YOGYAKARTA – Kemarau panjang menyebabkan Wilayah Kabupaten Gunungkidul mengalami kekeringan.

Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Yogyakarta Lantamal V melalui donasi program bantuan air bersih dari Induk Otomotif Offroad (IOF) Pengurus Daerah (Pengda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meggelontorkan bantuan air bersih ke beberapa wilayah di Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Selasa (03/09/2019). Distribusi tersebut melibatkan unsur aparatur Pemerintah Desa (Pemdes) setempat.

Kepala Fasilitas Pangkalan (Kafaslan) Lanal Yogyakarta Kapten Marinir Susanto mengatakan, upaya pemberian air bersih didasari atas pertimbangan sejak beberapa bulan terakhir ini dibeberapa wilayah Kecamatan Tepus mulai mengalami krisis air bersih akibat dampak musim kemarau yang berkepanjangan,

“Mengantisipasi situasi yang lebih parah, Lanal Yogyakarta bersinergi dengan IOF Pengda DIY berupaya untuk melaksanakan distribusi bantuan air bersih kepada warga masyarakat di wilayah yang dilanda kekeringan,” kata Kapten Marinir Susanto yang memimpin kegiatan dalam keterangan pers Penerangan Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi, Selasa (03/09/2019).

Bantuan dari Lanal Yogyakarta bersama IOF Pengda DIY dan Pemdes Tegalweru Kecamatan Tepus mendapat respon positif dari warga masyarakat setempat. Warga dengan senang hati berbondong-bondong membawa ember, galon air mineral, dan ember bekas cat untuk mendapat air bersih yang secara langsung pelaksananaan distribusi air bersih tersebut.

Komandan Lanal (Danlanal) Yogyakarta Kolonel Marinir Bambang Adriantoro mengatakan, Lanal Yogyakarta peduli dengan masyarakat di Gunungkidul yang mengalami krisis air bersih,

“Untuk musim kemarau tahun ini, Lanal Yogyakarta bersama IOF Pengda DIY telah dan akan mendistribusikan hingga beberapa armada truk tangki untuk droping air bersih ke beberapa pedesaan dan pedusunan yang membutuhkannya,” tutur Danlanal Yogyakarta.

Sebelumnya, Danlanal Yogyakarta memerintahkan kepada jajaran Pos TNI Angkatan Laut (Posal) jajaran Lanal Yogyakarta yakni Posal Sadeng Kabupaten Gunungkidul, Posal Samas Kabupaten Bantul dan Posal Karangwuni Kabupaten Kulonprogo agar mendata dan mengecek wilayah-wilayah kritis terdampak kekeringan untuk segera ditindaklanjuti dengan bantuan air bersih.

Dari hasil pengumpulan data, wilayah Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul sebagai wilayah kritis pemberian bantuan air bersih. 

Danlanal Yogyakarta berharap dengan adanya droping air bersih oleh jajaran Lanal Yogyakarta bersama IOF Pengda DIY ini bisa bermanfaat dan meringankan beban masyarakat yang kekurangan air bersih,

“Semoga warga masyarakat dapat terbantukan terutama untuk masalah ketersediaan air bersih, dimana bantuan air bersih ini direncanakan akan terus diupayakan terdistribusi bagi masyarakat khususnya di Kecamatan Tepus Kabupaten Gunungkidul,” harap Danlanal Yogyakarta.

“Ini adalah salah satu wujud nyata bakti prajurit TNI dalam melaksanakan Delapan Wajib TNI yakni menjadi contoh dan memelopori usaha-usaha mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya dengan bersinergi bersama unsur pemerintah dan komponen masyarakat lainnya”, tegas Danlanal Yogyakarta. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal


 



Terpopuler


Baca Juga