Prajurit Korem 072 Pamungkas Kenang 6 Jenderal TNI AD Korban Kebiadaban PKI


Upacara Hari Kesaktian Pancasiladi Makorem 072/Pamungkas. Foto: Ist

YOGYAKARTA - Korem 072/Pamungkas menyelenggarakan Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Lapangan Apel Korem 072/Pamungkas, Selasa (01/10/2019).

Kepala Staf Korem (Kasrem) 072/Pamungkas, Kolonel Kav Puji Setiono yang bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) mengatakan, peringatan hari Kesaktian Pancasila, sangat berkaitan erat dengan peristiwa G 30 S/PKI, dimana pada tanggal 30 September 1965 terjadi insiden yang merenggut nyawa enam Jenderal TNI-AD dan sekian banyak anak bangsa lainnya yang di bunuh oleh PKI secara kejam dan keji, sebagai kudeta dengan tujuan mengubah Ideologi Pancasila menjadi Ideologi Komunis,

“Namun karena ampuh dan saktinya Pancasila, yang terpatri kokoh sebagai pemahaman dan keyakinan dalam diri setiap anak Bangsa Indonesia, maka upaya PKI pun gagal,” katanya.

Menurutnya, sebagai Prajurit dan PNS jajaran Korem 072/Pamungkas, yang juga sebagai generasi penerus perjuangan para pahlawan revolusi dalam melaksanakan tugas pokok, wajib mengawal Pancasila,

“Jajaran Korem 072/Pamungkas memiliki kewajiban untuk senantiasa menjaga kokohnya Pancasila sebagai dasar Falsafah Bangsa dan Negara Indonesia, dari rongrongan kelompok-kelompok tertentu yang ingin merubahnya,” tegasnya.

Dalam upacara tersebut, bertindak sebagai Komandan Upacara Kapten Arm Suryadi, Pembaca Pembukaan UUD 1945 Lettu Chb Sugeng dan Pembaca Ikrar Letda Ctp H.Siregar dan Pembaca Doa Serma Sudiono.

Upacara Hari Kesaktian Pancasila berjalan tertib, khidmat dan lancar. Dihadiri oleh Para Kasi Korem 072/Pamungkas, Para Dankasatdisjan, Para Prajurit dan PNS jajaran Korem 072/Pamungkas. (kt2)

Redaktur: Hamzah


 





Baca Juga