Danlanal Yogyakarta Pimpin Peringatan Serbuan Kotabaru di TMP Kusumanegara


Dan Lanal Yogyakarta memimpin ziarah ke makam pahlawan memperingati Serbuan Kotabaru. Foto: Ist

YOGYAKARTA – Dewan Harian Cabang (DHC) Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Yogyakarta memperingati peristiwa bersejarah, serbuan Kotabaru 7 Oktober 1945 di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusumanegara Semaki, Umbulharjo Yogyakarta, Selasa (08/10/2019).

Upacara peringatan Serbuan Kota Baru ke-74 Tahun 2019 dipimpin Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Yogyakarta Lantamal V Kolonel Marinir Bambang Adriantoro.

Bambang mengungkapkan, peringatan Serbuan Kota Baru tidak hanya semata-mata untuk memberikan penghormatan dan menaburkan bunga di pusara para pahlawan pejuang 45 dalam mengusir kaum penjajah,

“Akan tetapi dapat dimaknai sebagai upaya meningkatkan nilai-nilai patriotisme dan semangat nasionalisme yang menjadi dasar perjuangan, sehingga dapat menjadi motivasi khususnya kepada anggota Lanal Yogyakarta sebagai bagian komponen masyarakat Kota Yogyakarta sebagai Kota Perjuangan,” ungkapnya dalam keterangan pers Pen Lanal Yogyakarta yang diterima redaksi.

Menurut Bambang, adalah kehormatan bagi Lanal Yogyakarta yang pada kesempatan peringatan Serbuan Kotabaru tahun ini selaku pimpinan dan penyelenggara ziarah,

“Hal ini sebagai kepercayaan dari Ketua dan pengurus DHC Badan Penerus Pembudayaan Kejuangan 45 Kota Yogyakarta,” ujarnya.

Ziarah dan tabur bunga terdiri satuan Korsik, peleton gabungan Pama, Korem  072/PMK, Lanal Yogyakarta, Lanud Adisucipto, Veteran Pejuang 45, Damkar Yogyakarta serta gabungan pelajar SMA dan SMP Kota Yogyakarta.

Acara diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan mengheningkan cipta. Prosesi selanjutnya peletakan karangan bunga oleh Danlanal Yogyakarta dan diakhiri dengan tabur bunga oleh para undangan, unsur TNI Polri serta seluruh peserta ziarah. (pr/kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga