Sambut Pelantikan Presiden, Lintas Elemen Rencanakan Parade Merah Putih

YOGYAKARTA – Menyambut pelantikan presiden dan wakil presiden RI terpilih Ir. Joko Widodo dan KH. Ma’ruf Amin, lintas komponen warga masyarakat Yogyakarta berinisiatif menggelar selebrasi budaya bertajuk “Parade Merah Putih Dari Yogya Untuk Indonesia” pada Sabtu 19 Oktober 2019 di Malioboro. Parade akan dimulai pukul 15.00 dari titik start halaman DPRD DIY dan finish di halaman museum Benteng Vredeburg Yogyakarta. 

Koordinator Parade Merah Putih, Widihasto Wasana Putra mengatakan, Parade Merah Putih bertajuk Dari Yogyakarta Untuk Indonesia dimasuksudkan sebagai upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan seluruh komponen masyarakat,

“Disadari bahwa tantangan bangsa Indonesia kedepan ditengah ancaman tekanan  resesi global akan makin berat. Tak ada jalan lain kecuali seluruh komponen bangsa bergotong royong bahu membahu memperkuat semua lini kehidupan khususnya dalam rangka memantabkan stabilitas sosial politik dan keamanan serta penciptaan iklim ekonomi yang kondusif,” katanya dalam pers rilis yang diterima redaksi, Minggu (13/10/2019).

Ia menjelaskan Parade Merah Putih bakal diikuti puluhan komponen masyarakat antara lain Paskibraka DIY, abdi dalem Kasultanan Yogyakarta dan Kadipaten Pakualaman, Marching Band Universitas Gajah Mada, Bregada Niti Manggala, GK Ladies, Srikandi Idaman, Laskar Kebaya Metal, Detasemen Cobra Airsoft Gun Club Yogyakarta, Marching Band SMA Bopkri II Yogyakarta, Bregada Klono Cipto Wening, Batalyon TNI 403/Wirasada Pratista, Barongsay dan liong serta penari dari Jogja Chinese Art and Culture Centre, Yogyakarta Land Rover Community dan masih banyak lainnya.

“Hal menarik turut diarak sedikitnya empat buah gunungan. Yakni gunungan salak dari Sleman, gunungan bakpia dari Kota Yogyakarta, gunungan geplak dari Bantul dan gunungan sayuran dan buah-buahan. Gunungan akan dibagikan kepada masyarakat yang hadir. Panitia masih memberikan kesempatan bagi komunitas masyarakat yang ingin berpartisipasi dalam kontingen Parade Merah Putih,”

Panitia Parade Merah Putih meminta peserta hadir lebih awal pukul 13.00 di lokasi start untuk mengurangi kepadatan lalu lintas. Peserta diharapkan mengenakan busana adat Nusantara atau bernuansa merah putih,

“Masyarakat yang menyaksikan parade dihimbau mengikuti arahan petugas di lapangan. Saat parade berlangsung akan dilakukan pengalihan arus lalu lintas di Jl. Malioboro,” tutupnya. (kt1)

Redaktur: Faisal

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com