Perkokoh Toleransi dan Kerukunan Bangsa, Harlah Emas MI Al Huda Karangnongko Akan Libatkan Berbagai Elemen


Kepala sekolah beserta jajaran guru dan karyawan MI Al Huda Karangnongko. Foto: ist

SLEMAN - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al Huda, Dukuh Karangnongko, Maguwoharjo, Depok, Sleman akan menggelar serangkaian acara memperingati Hari Lahir (Harlah) Emas (ulang tahun ke 50) MI Al Huda selama dua hari, Jumat (24/01/2020) dan Sabtu (25/01/2020).

Kepala Sekolah MI Al Huda, Slamet Subagya, S.Pd, M.Pd menuturkan, peringatan Harlah Emas MI Al Huda akan digelar secara akbar. Berbeda dengan peringatan Harlah tahun-tahun sebelumnya, acara akan menghadirkan sedikitnya 2000 tamu undangan yang terdiri dari siswa, orang tua dan berbagai elemen masyarakat. Sejumlah pejabat dari tingkat padukuhan hingga Pemerintah Kabupaten (Pemkab Sleman), juga telah mengkonfirmasi kehadirannya,

“Undangan peserta 2000 peserta. Kemungkinan pada puncak acara, yaitu 25 Januari, juga akan dihadiri oleh Bupati Sleman, Bapak Sri Purnomo beserta Ibu, Aspri, beserta keluarga. Kemudian dari Pemerintah Desa Maguwoharjo, Pak lurah beserta perangkatnya, Muspika Kecamatan Depok, dan KUA,” tuturnya.

Subagya menjelaskan, Harlah tahun ini melibatkan seluruh elemen masyarakat, khususnya di wilayah Padukuhan Karangnongko. Menurutnya, MI Al Huda yang berdiri sejak 1 Januari 1970 merupakan bagian tak terpisahkan dari masyarakat Karangnongko.

Antusiasme masyarakat Karangnongko dalam menyambut Harlah MI Al Huda, kata dia, terbukti ketika dalam rapat akbar persiapan Harlah, dihadiri seluruh elemen masyarakat. Baik dari dukuh, RT dan RW, tokoh masyarakat, dan orang tua wali. Lebih dari 64 orang masuk dalam kepanitiaan,

“Kita semua ingin lebih memperkenalkan MI Al Huda kepada khalayak di wilayah Yogyakarta dan sekitarnya,” ujarnya.

Subagya mengungkapkan, Harlah Emas MI Al Huda juga sebagai ajang untuk semakin mempererat kerukunan warga masyarakat serta toleransi antar umat beragama, khususnya di Karangnongko dan sekitarnya yang beragam latar belakang. Menurutnya, misi tersebut perlu diangkat mengingat kerukunan dan toleransi akhir-akhir ini cukup memperihatinkan di Indonesia.

Ia berharap Keluarga Besar MI Al Huda yang bergandeng tangan dengan berbagai elemen masyarakat dalam merayakan Harlah Emas MI Al Huda kali ini, akan semakin menguatkan kerukunan dan toleransi, khususnya di Karangnongko,

“Tujuannya menjalin kebersamaan, Ukhuwah Islamiyah, kerukunan dengan semua warga, semua ummat, semua bangsa, dalam rangka mengokohkan persatuan dan kesatuan sesama bangsa Indonesia,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, rangkaian acara kegiatan Harlah Emas MI Al Huda akan diawali dengan Khotaman Al Quran pada Jumat (24/01/2020) pagi. Malam harinya digelar mujahadah.

Puncak acara akan dihelat pada Sabtu (25/01/2020) dengan berbagai acara. Diantaranya dengan senam pagi bersama yang diikuti Keluarga Besar MI Al Huda, orang tua, guru, karyawan, siswa dan masyarakat Karangnongko, dilanjutkan dengan jalan sehat Kerukunan dan Toleransi di sekitar lingkungan Madrasah,

“Selesai jalan sehat Kerukunan, kita adakan bakti sosial antara lain, donor darah dan terapi kesehatan dari Ikatan Terapis Mandiri Yogyakarta (ITMY),” imbuhnya.

Selain itu, jauh hari sebelumnya juga telah dilaksanakan lomba penataan ruang kelas sejak 2 November 2019 lalu yang melibatkan orang tua siswa dan setiap hari sudah dinilai oleh guru. Dalam puncak acara Harlah Emas, lomba penataan kelas akan kembali dinilai tim juri dari luar sekolah. Diantaranya dari Dinas Pertanian Sleman, Kementerian Agama Sleman, dan Kelurahan Maguwoharjo.

“Harapan ke depan MI Al Huda lebih dipercaya masyarakat, banyak orang tua yang menitipkan putra-putrinya di sini dan MI Al Huda semakin maju lagi ke depannya,” harapnya. (rd2)

Redaktur: Fefin Dwi Setyawati

 


 





Baca Juga