Rabu, 24/02/2021 07:30 WIB | Dibaca: 219 kali

Pemkot Jogja Gandeng Bapas Jogja Wujudkan Kota Layak Anak


Pemkot Jogja Gandeng Bapas Jogja Wujudkan Kota Layak Anak, Foto: Sari

Yogyakarta - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana(DP3AP2KB) Kota Yogyakarta melibatkan Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta dalam Forum Grup Diskusi(FGD) dalam Kota Layak Anak Tahun 2021, bertempat di Hotel GAIA Cosmo, Selasa(23/02/2021).

Kepala Balai Pemasyarakatan(Bapas) Kelas I Yogyakarta diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Klien Anak, Liana Dwi Puspita Sari.

Kegiatan dibuka oleh Wakil Walikota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, dalam sambutannya ia megungkapkan apresiasinya kepada berbagai pihak yang telah bekerja sama dalam mengupayakan Yogyakarta sebagai Kota Layak Anak.

“Saya sampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada berbagai pihak yang telah saling menggandeng dan menggendong dalam berupaya mewujudkan Yogyakarta sebagai Kota Layak Anak, saat ini predikat kota adalah Nindya dan menuju predikat Utama, tetapi kita tidak hanya mengejar predikat namun bagaimana seluruh kelembagaan yang digunakan untuk melindungi tersedia di kota Yogyakarta, indikator pengakuan perlu dipertimbangkan” Ungkap Wakil Walikota.

Lebih lanjut, Wakil Walikota menambahkan, untuk itu Pemerintah kota untuk melakukan berbagai upaya seperti memperbanyak fasilitas ramah anak serta mendorong pihak korporat untuk menyediakan lingkungan yang ramah anak.

Kepala Dinas P3AP2KB, Edy Muhammad mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menjamin perlindungan dan pemenuhan hak anak,

“Mewujudkan Kota Layak Anak bukan hanya tugas pemerintah saja, melainkan tugas kita bersama, baik dari unsur komunitas, akademisi, lembaga masyarakat, maupun korporasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, kegiatan FGD tersebut diharapkan dapat menjadi forum evaluasi dengan adanya masukan, saran, kritik yang membangun dari seluruh pihak terkait untuk bersama-sama mewujudkan KLA di Kota Yogyakarta.

“ Harapannya selesai acara ini, kita mendapatkan solusi dan pencerahan  dalam merumuskan kebijakan guna mewujudkan Kota Yogyakarta menjadi Kota Layak Anak,” imbuh Edy

Kegiatan ini juga menampilkan narasumber Kepala Dinas P3AP2KB DIY, Erlina Hidayati Sumardi dengan menegaskan tentang dukungan Kota atau Kabupaten Layak Anak untuk menuju Propinsi Layak Anak.

Liana Dwi Puspita Sari sebagai perwakilan dari Bapas Kelas I Yogyakarta mengatakan bahwa peran serta antar lembaga pemerintah di Kota Yogyakarta sangat dibutuhkan untuk mendukung KLA di Kota Yogyakarta.

“Bapas Kelas I Yogyakarta dalam menata lingkungan berusaha semaksimal mungkin dengan segala keterbatasan yang ada menyiapkan tempat untuk bermain anak, lingkungan ramah anak yang asri dan jauh dari sesuatu yang bisa membahayakan anak-anak sebagai pengunjung atau penerima layanan di Bapas Kelas I Yogyakarta,” ujarnya.

“Dinas P3AP2KB Kota Yogyakarta melibatkan Bapas Kelas I Yogyakarta bukan hanya karena letak gedung kantor Bapas berada di wilayah kota Yogyakarta tetapi juga dalam tugas dan fungsi Bapas sebagai pendamping anak yang berhadapan dengan hukum, untuk itu pihak Bapas akan serta merta memberikan yang terbaik untuk hak anak, tadi juga disampaikan oleh Kepala Dinas P3AP2KB DIY, Ibu Erlina, bahwa media massa juga sangat mendukung anak yang berhadapan dengan hukum dengan tidak menampilkan detail identitas dan tetap melindungi hak anak.” tutupnya.

RedakturHennyra

 


 





Baca Juga