DIY Akan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di Sekolah Menengah Atas, Vaksinasi Tahap Kedua Prioritaskan Guru


Vaksinasi Covid-19 massal dossis kedua bagi pelayan publik dan ASN, di Grha Pradipta (Jogja Expo Center), Bantul, Senin (29/03/2021). Foto: ist

YOGYAKARTA - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta (Pemda DIY) berencana akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka pada jenjang sekolah menengah tingkat atas, SMA dan SMK.  Untuk mempersiapkan uji coba tersebut, Dinas Kesehatan DIY akan memprioritaskan Guru untuk menerima vaksinasi tahap tahap kedua.

Kepala Dinas Kehehatan DIY drg. Pembajun Setyaningastutie mengatakan, dalam vaksinasi tahap kedua selain 1000 lansia juga ditargetkan sekira 4000 guru, terutama dari SMA yang milik Pemda DIY,

“Pemberian vaksin kepada tenaga pendidik merupakan sebuah upaya tindak lanjut akan rencana pemberlakukan pembelajaran luring pada SMA dan SMK di DIY,” ungkapnya disela-sela hari pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 massal dossis kedua bagi pelayan publik dan ASN, di Grha Pradipta (Jogja Expo Center), Bantul, Senin (29/03/2021).

Pembajun  menjelaskan,  pelaksanaan vaksinasi, rencananya akan dilakukan mulai Selasa (06/04) hingga Jumat (09/04) mendatang. Untuk minggu depan, kata dia, sasaran vaksinasi  adalah guru, kemudian pelaku pariwisata, UMKM, dan lansia.

Di samping itu, Pembajun menyatakan bahwa jumlah vaksin Covid-19 yang dimiliki DIY masih aman.

“Hari ini (29/03/2021), kurang lebih masih 1.750-an vial atau sekitar 17.000. Jumlah ini masih cukup untuk vaksinasi massal yang besok. Mulai massal besok, rentangnya 28 hari, sudah pakai pedoman yang baru, berlaku lansia maupun nonlansia,” terang Pembajun.

Pembajun juga berharap, program vaksinasi membutuhkan dukungan banyak pihak agar dapat berjalan lancar.

“Pada prinsipnya satu, masukkan data dulu. Kalau tidak masuk, mau dihitungnya bagaimana. Ketika data pertama sudah disedot, kami akan masukkan aplikasi. Nah, sudah ngendika (berkata) sekian, tapi ternyata malah datanya nggak ada,” harap Pembajun.

Sebelumnya Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, Jumat (27/03/2021) kemarin menyatakan Mulai April atau Mei 2021 mendatang Pemda DIY akan melakukan uji coba pembelajaran tatap muka pada 5 SMA dan 5 SMK, 

“Hasil dari uji coba selanjutnya disampaikan kepada Gubernur DIY sebagai bahan pertimbangan pengambilan kebijakan,” tutur nya. (kt1)

Redaktur: Faisal


 





Baca Juga