Edutek  

Info Beasiswa Luar Negeri: American University Buka Pendaftaran Mulai Desember 2022

info beasiswa
ilustrasi. doc/jogjakartanews.com

jogjakartanews.com– Bisa kuliah di luar negeri, terutama di negara maju dengan jalur beasiswa menjadi impian banyak pelajar di Indonesia. Untuk info beasiswa luar negeri  yang bisa dicoba para pelajar tahun ini adalah di American University (AU) Emerging Global Leader Scholarship.

Pendaftaran beasiswa S1 di American University dibuka hingga 15 Desember 2022 atau paling lambat 15 Januari 2023. Pendaftaran untukgelombang tahun 2023 – 2024.

Sasaran beasiswa tidak hanya pelajar yang memiliki prestasi akademik, tapi juga berbakat, memiliki potensi kepemimpinan, serta peran serta untuk terlibat secara global. Ke depannya lulusan beasiswa S1 di AU juga diharapkan bisa kembali ke negara asalnya untuk meningkatkan sumber daya serta bisa menjadi sarjana yang bisa memberikan kontribusi besar terhadap kemajuan masyarakat.

Cakupan Beasiswa 

Beasiswa AU mencakup semua tagihan biaya di AU, seperti biaya kuliah penuh, kamar, dan makan. Meski begitu beasiswa AU EGL tidak termasuk biaya non-tagihan, seperti asuransi kesehatan wajib, buku, tiket pesawat, serta biaya lain-lain yang jumlah keseluruhannya sekitar US $ 4.000 per tahun.

Penerima beasiswa S1 American University dapat memperbarui beasiswa yang diperoleh setiap tahun hingga maksimum empat tahun. Pertimbangannya berdasarkan capaian akademik yang memuaskan.

Beasiswa Parsial

Jika kandidat yang melamar beasiswa AU EGL di American University tidak diterima untuk 2023, masih tersedia peluang beasiswa parsial di kampus tersebut. Tentunya setengah beasiswa ini akan membutuhkan biaya lebih besar karena hanya menanggung sebagian dari biaya kuliah.

Syarat 

  1. Bukan warganegara Amerika Serikat, penduduk tetap AS, atau berkewarganegaraan ganda AS dengan negara lain
  2. Tidak memenuhi syarat jika telah terdaftar atau sudah memulai kuliah di universitas lain di negara asal atau Amerika Serikat
  3. Tidak memenuhi syarat jika lulus sekolah menengah di bawah tahun 2021

Kandidat Prioritas

  1. Siswa internasional yang berhasil mengatasi berbagai kendala dan tantangan serta mereka yang berasal dari beragam latarbelakang sosial ekonomi global dan kurang terwakili
  2. Memiliki IPK minimum setara 3.8 skala 4.0 (atau ada di peringkat 10 persen lulusan terbaik) di kelas 9 – 12
    Menunjukkan komitmen kepemimpinan, sukarelawan, pengabdian masyarakat, serta untuk memajukan kebutuhan orang-orang di negara asalnya
  3. Memiliki skor TOEFL iBT 95+, IELTS 7.0, atau minimum 65 untuk PTE dan 120+ untuk Duolingo,
    Siswa yang masih terdaftar di SMA dan lulus pada bulan Juni 2023.
  4. Penting: Siswa dalam sistem IB harus merencanakan untuk lulus dengan ijazah IB penuh dengan sekurangnya mata pelajaran 3 HL. Siswa yang belajar di sistem British A-Level harus merampungkan setidaknya 3 level A dan menyelesaikan 13 tahun studi sebelum Agustus 2023.

Cara Pendaftaran

  1. Lengkapi formulir aplikasi online AU EGLS. Pendaftaran tersedia mulai 1 September 2022.
  2. Mengajukan bank letter dan formulir AU Certification of Finances (AU CFIS) – masing-masing memperlihatkan minimal US $ 4.000. Bisa diunggah ke akun Anda atau dapat dikirim melalui fax ke: +1-202-885-1025 (Kunjungi www.american.edu/ocl/isss/Financial-Proof.cfm untuk contoh bank letter dan format AU CFIS.)
  3. Ajukan hasil skor resmi TOEFL, IELTS, PTE, atau Duolingo paling lambat 15 Desember 2022.
  4. Lengkapi dan kirim aplikasi umum, bersama dengan semua dokumen pendukung per ceklis yang tertera di www.american.edu/admissions/international/instructions.cfm sebelum 15 Desember 2022 atau paling lambat 15 Januari 2023.
  5. Jika Anda mendaftar melalui program yang didukung oleh EducationUSA (www.educationusa.state.gov), atau jika Anda adalah penerima beasiswa SMA FLEX atau YES dari Departemen Luar Negeri AS, mohon sediakan surat dari pembimbing pusat EducationUSA yang mengkonfirmasi pencalonan Anda. Anda dapat meminta surat tersebut untuk dikirim ke levinson@american.edu dalam bentuk PDF.
  6. Jika Anda tidak terpilih sebagai salah satu finalis, Anda masih bisa dipertimbangkan untuk penerimaan di American University, Washington, DC dan memenuhi syarat untuk beasiswa parsial. Meskipun demikian, untuk melanjutkan proses aplikasi, Anda perlu mengajukan bukti pendanaan total US$ 73.802 (estimasi biaya tahun pertama studi).

Para semi finalis maupun finalis beasiswa AU EGL akan menjalani wawancara melalui Skype. Informasi lebih lanjut dapat ditanyakan melalui email: intadm@american.edu atau web universitas (www.american.edu).

Untuk mendapatkan kesempatan mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri tentu tidak mudah. Namun jangan khawatir, asalkan rajin mencari info beasiswa dan mau berusaha, Anda pasti berpeluang mendapatkannya.

Demikian informasi beasiswa kuliah di AU dikutip dari laman resmi AU. Semoga bermanfaat. (*)

Redaktur: Hamzah

 

 

 

57 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.