Event Unik TWC, Puluhan Wanita Berkebaya Yoga di Pelataran Ratu Boko Saat Senja

Event Sunset Yoga Berkebaya yang diselenggarakan TWC di Keraton Ratu Boko. Foto: Ist
Event Sunset Yoga Berkebaya yang diselenggarakan TWC di Keraton Ratu Boko. Foto: Ist

YOGYAKARTA – PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko ( TWC ) menyelenggarakan event unik di kawasan Taman Wisata Keraton Ratu Boko, pada Minggu (20/8/2023).

Bertajuk Sunset Yoga Berkebaya, puluhan peserta perempuan berkebaya dengan nuansa merah putih melakukan gerakan Yoga di bawah langit senja.

General Manager of Prambanan & Ratu Boko, I Gusti Putu Ngurah Sedana menuturkan, Event ini dihadirkan untuk memeriahkan perayaan Hari Ulang Tahun Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu, kegiatan juga  bertujuan turut serta menjaga dan melestarikan situs cagar budaya serta memasyarakatkan pakaian adat nusantara melalui aktivitas yang menyehatkan jiwa dan raga.

“Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya dengan penyelenggaraan aktivitas positif yaitu Yoga. Sebagaimana komitmen kami, untuk terus menumbuhkan Sport Tourism di kawasan destinasi kami. Lokasi-lokasi seperti ini memiliki energi positif yang sangat besar, sekaligus para peserta bisa menikmati view keindahan matahari terbenam (Sunset). Dengan demikian, masyarakat bisa mengenal destinasi Keraton Ratu Boko dari angle yang berbeda dan unik,” kata I Gusti.

Menurut I Gusti, Sunset Yoga Berkebaya di TWC Keraton Ratu Boko ini terselenggara berkat kerja sama dan kolaborasi antara PT TWC dengan dua komunitas, yaitu komunitas Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta serta komunitas Outdoor Yoga Yogyakarta.

Ia menjelaskan, Sunset Yoga Berkebaya menghadirkan venue Yoga yang mengesankan. Nuansa sejarah yang kental, berpadu dengan suasana yang sejuk dan asri, mendukung ambience Yoga yang menyatu dengan alam. Lingkungan dan atmosfer tempat untuk melakukan kegiatan Yoga menjadi elemen yang sangat penting.

Dalam Yoga, kata dia, dibutuhkan tempat yang sarat dengan ketenangan dan kondisi alam yang mendukung, sehingga peserta lebih mudah untuk mencapai keselarasan harmoni tubuh dan pikiran, serta menghadirkan kegembiraan dan kedamaian jiwa.

“Atmosfer di Keraton Ratu Boko ini sangat tepat untuk melakukan Yoga. Kondisi alamnya sangat mendukung, sehingga kami pastikan tamu benar-benar merasa rileks. Komitmen inilah yang selalu kami jaga dalam menghadirkan nuansa natural di Keraton Ratu Boko, khususnya untuk penyelenggaraan kegiatan-kegiatan yang mengusung konsep dan tema menyatu dengan alam semesta,” tuturnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, Senin (21/08/2023).

Sementara itu, Ketua Perempuan Berkebaya Indonesia Yogyakarta, Tinuk Suhartini mengatakan bahwa ada benang merah yang menghubungkan antara kebaya, yoga dan destinasi situs cagar budaya Keraton Ratu Boko. Keterikatan ini mendorong upaya kolaborasi dalam satu aktivitas menarik yang otentik serta kreatif.

“Banyak cara yang ditempuh untuk mengkampanyekan kebaya supaya menjadi lifestyle atau gaya hidup perempuan indonesia. kami melihat bahwa saat ini yoga sudah menjadi lifestyle banyak orang. Kami ingin menunjukan bahwa sambil beryoga kita tetap bisa tampil dengan style yang sangat Indonesia, di lingkungan yang mendukung kegiatan Yoga, seperti di Keraton Ratu Boko yang kita tahu menjadi salah satu destinasi unggulan di Yogyakarta,” jelasnya.

Koordinator Yoga Outdoor Yogyakarta Lilis Lusia menyambut baik adanya kolaborasi yang mencetuskan Sunset Yoga Berkebaya ini. Dirinya berharap kegiatan ini bisa ikut melestarikan situs warisan budaya sekaligus juga peduli dengan kesehatan jiwa dan raga.

“Kami berterima kasih kepada pengelola Taman Wisata Keraton Ratu Boko yang sudah memperkenankan kami dari dua komunitas, yang punya cita-cita sama yaitu ikut serta melestarikan warisan budaya sekaligus juga peduli akan kesehatan jiwa dan raga. Jadilah kita diberi kesempatan untuk kita bisa hadir di sini,” ungkap Lilis.

Yoga Sebagai Bagian Spiritual and Sport Tourism

Yoga dalam bahasa Sanskerta berarti penyatuan yang bermakna “penyatuan dengan alam” atau “penyatuan dengan Sang Pencipta”. Yoga menitikberatkan pada aktivitas meditasi atau tapa, di mana seseorang memusatkan seluruh pikiran untuk mengontrol panca indera dan tubuhnya secara keseluruhan.

Kegiatan Yoga dilakukan agar memiliki jiwa yang tenang dan damai, menjaga tubuh supaya tetap sehat dan bugar. Tujuan utama Yoga adalah untuk mencapai Samadhi, yakni keadaan di mana pikiran menjadi terpusat. Selain itu, Yoga juga bisa membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks.

Aktivitas Sunset Yoga Berkebaya di kawasan Keraton Ratu Boko ini menghadirkan instruktur Yoga yang akan membimbing peserta dengan materi Yoga yang melibatkan aktivitas fisik, latihan pernapasan, teknik relaksasi, dan latihan meditasi. Yoga merupakan olah tubuh tradisional yang dilakukan masyarakat Hindu Kuno, tidak hanya melatih fisik, kegiatan ini juga berguna untuk melatih kesabaran dan kedisiplinan pelakunya.

Aktivitas Yoga merupakan bentuk pengembangan spiritual & sport tourism di destinasi PT TWC, yang mengutamakan upaya pelestarian dengan aktivitas wisata yang berkualitas dan esensial.

“Aktivitas-aktivitas yang memberikan spirit dan value pada destinasi kita dorong pengembangannya. Destinasi memiliki jiwa yang bisa sejalan dan bisa dirasakan oleh pengunjungnya. Hal ini yang akan kita kembangkan ke depan, sejalan dengan semangat menghadirkan destinasi yang berkualitas untuk mendukung akselerasi pariwisata Indonesia menuju lebih baik. Sinergitas dan kolaborasi dengan berbagai pihak terkait, akan mendorong percepatan dan pertumbuhan pariwisata Indonesia,” jelas I Gusti Putu Ngurah Sedana. (pul/kt1)

Redaktur: Faisal

58 / 100

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Powered by rasalogi.com