Jumat, 10/01/2014 09:37 WIB | Dibaca: 1365 kali

Merenovasi Markas Demi Menjaga Cagar Budaya


Prajurit berdandan seperti tukang sedang melakukan renovasi markas Kodim. Foto/yanuar

YOGYAKARTA - Guna memberi kesan lebih indah dan nyaman , Kodim 0734 Yogyakarta merenovasi beberapa bagian markas. Halaman depan, ruang Komandan Kodim (Dandim) maupun staf hingga kamar mandi tak luput dari renovasi. Renovasi ini dikerjakan sendiri oleh para prajurit kodim dan dijadwalkan akan selesai dalam satu minggu ke depan.

Langkah ini, menurut Dandim 0734 Yogyakarta, Letkol (Arh) Ananta Wira sangat penting dilakukan lantaran markas tempat para prajurit bernaung merupakan bangunan yang termasuk dalam cagar budaya Kota Yogyakarta. Bentuk bagunan asli yang dapat dilihat pada ruang induk tetap akan dipertahankan seperti awalnya dulu saat Belanda mendirikannya semasa penjajahan kolonial.

"Bangunan Kodim Yogyakarta merupakan cagar budaya yang dilindungi, jadi kami harus mempertahankan serta selalu menjaganya agar terlihat indah," jelas Dandim, Jumat (10/1/2014).

Walau enggan menyebutkan berapa besarannya untuk renovasi tersebut, namun Ananta Wira mengungkapkan jika semua dana yang dikeluarkan dalam perbaikan ini merupakan anggaran dari Kodim sendiri. Ke depan Ananta Wira juga akan menggagas agar Makodim Yogyakarta dapat dijadikan sebagai tempat wisata sejarah yang dapat dikunjungi oleh masyarakat umum.

"Hal itu sudah kami mulai. Telah banyak sekolah maupun perguruan tinggi yang melakukan kunjungan studi ke markas. Semua kami layani karena tempat ini merupakan bagian dari sejarah bangsa Indonesia," pungkasnya. (ynr)

Redaktur: Azwar Anas

 


 





Baca Juga