Senin, 14/01/2019 19:18 WIB | Dibaca: 274 kali

KOLINLAMIL Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan di SMAN 13 Jakut


Spotmar Kolinlamil memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pelajar SMA Negeri 13 Jakarta Utara. Foto: ist

JAKARTA - Staf Potensi Maritim (Spotmar) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) memberikan sosialisasi empat pilar kebangsaan kepada pelajar SMA Negeri 13 Jakarta Utara, Senin (14/1). Sosialisasi yang dipimpin Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi ini didampingi 2 perwira stafnya.

Aspotmar Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi yang membuka kegiatan tersebut mengatakan bahwa sebagai bagian dalam tugasnya pemberdayaan ketahanan wilayah, Spotmar Kolinlamil melaksanakan sosialisasi empat pilar kebangsaan dan menanamkan nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi Negara.

Kegiatan sosialisasi ini merupakan cara yang tepat agar para pelajar mengetahui dan memahami sejak dini pentingnya mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

“Kita sebagai anak bangsa harus mampu memahami dan mengamalkan apa yang ada di dalam UUD 1945 dan mampu melaksanakan apa yang terkandung dalam butir-butir Pancasila sehingga bangsa Indonesia akan tercapai kedamaian dan Indonesia akan lebih maju sesuai cita-cita bangsa Indonesia,” kata Aspotmar.

Dan sosialisasi ini pentingnya tambahnya, diberikan pada semua pelajar, karena bertujuan untuk menumbuh kembangkan semangat, rasa dan paham tentang kebangsaan, yang dinilai mulai pudar. Apalagi pelajar ini, tidak lain adalah generasi muda penyambung tongkat estafet, yang kedepannya akan menjadi lebih baik dari pejabat sekarang ini. “Jika mereka dapat menyerap dan memahami tentang materi wawasan kebangsaan dan bela negara, kita akan terhindar dari segala hal negatif,”terang Kolonel Laut (P) Hari Mulyadi.

Bahkan, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar seremonial belaka, tapi dalam sosialisasi itu Perwira Spotmar Kolinlamil berupaya meyakinkan pelajar, untuk paham akan kebangsaan. Sehingga kedepannya, mereka sudah siap untuk menghadapi situasi yang dapat mengancam diri mereka dan moral. “kalau tidak dimulai dari sekarang, kapan lagi. Negara kita ini adalah negara yang memiliki bangsa berbeda-beda, tapi satu. Nah, kesatuan dalam mejaga NKRI ini, harus terus kita pacu mulai dari sekarang,”tuturnya.

Para Pelajar SMAN 13 Jakarta Utara nampak antusias dan aktif bertanya tentang kondisi bangsa dan negara serta situasi yang terjadi sekarang ini.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMAN 13 Jakarta Utara, Drs. H. Sigit Indriyanto mengucapkan rasa terima kasih kepada Kolinlamil atas kehadirannya yang telah mensosialisasikan tentang empat pilar kebangsaan kepada anak didiknya.

“Semoga apa yang telah disampaikan bermanfaat dan meningkatkan wawasan kebangsaan pelajar kami,” ucapnya.(dkl)

Sumber: Dinas Penerangan Kolinlamil.


 





Baca Juga