Bangunan Bapas di Tanah Kraton, Dirjenpas Kemenkumham Akan Carikan Alternatif Tempat Baru


Tim evaluasi Dirjenpas Kemenkumham RI mengunjungi Bapas Yogyakarta. Foto: Hennyra

YOGYAKARTA – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Yogyakarta menerima Kunjungan Kerja Tim evaluasi dan Pelaporan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kementerian Hukum dan HAM R.I (Dirjenpas Kemenkumham), Kamis  (13/06/2019). 

Kasubag  Evaluasi dan Pelaporan Dirjen Pas Kemenkumham, Narya selaku ketua Tim Evaluasi mengatakan, kunjungan ke Bapas Yogyakarta adalah guna penajaman bangunan unit pelaksana pemasyarakatan yang salah satunya adalah karena ada usulan dari kantor wilayah bahwa bangunan Bapas Yogyakarta yang sekarang ini ditempati adalah milik Kraton Ngayogyokarto hadiningrat,

“Dimana bangunan ini sewaktu waktu akan diambil untuk difungsikan kebutuhan lain dari kraton, sehingga kami akan mencarikan alternatif tempat baru,” tutur Narya yang tiba di Bapas Yogyakarta Pukul 16.30 WIB, di Ruang Kepala Kantor Bapas Yogyakarta, Jl Pangurakan no 1 yogyakarta 55121.

Sementara itu Kasubag Program dan Pelaporan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Daerah Istimewa Yogyakarta, Santi menuturkan bahwa usulan gedung baru untuk Bapas Yogyakarta sudah diajukan sejak tahun 2015 dan menjadi prioritas utama di tahun 2018 lalu,

“Tetapi karena prioritas utama dari kementerian adalah untuk pembangunan Bapas Baru maka untuk sementara Bapas Yogyakarta mengalami penundaan pelaksanaan,” ujarnya.

Santi berharap dengan kunjungan penajaman dari Dirjenpas, usulan akan segera direalisasikan,

“Mengingat bahwa bangunan ini hanya pinjam pakai dengan pihak kraton Ngayogyokarta yang sewaktu waktu akan diminta tanpa ada peringatan apapun,” imbuhnya.

Disela sela kunjungan ini Narya mengapresiasikan bahwa Bapas dalam pembangunan Zona Integritas  menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM),

“Ini kami melihat pertama kali masuk, bagi kami luar biasa, dengan catatan bahwa hanya gedung yang meminjam dari pihak kraton tetapi bisa memaksimalkan fasilitas yang ada, menata sedemikian rupa sehingga apa yang wajib ada bisa tersedia, Tentunya ini adalah kerja tim yang luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bapas Yogyakarta Muhammad Ali.Syeh Banna menuturkan, kunjungan Tim Evaluasi dan pelaporan Dirjenpas Kemenkumham RI merupakan perhatian bagi Bapas Yogyakarta,

“Atas perhatian Tim Dirjenpas untuk melihat langsung kondisi Bapas Yogyakarta yang sesungguhnya, diharapkan menjadi bahan masukan yang pas apa yang sebaiknya untuk Bapas Yogyakarta,” pungkasnya. (hen)

Redaktur: Faisal

 


 





Baca Juga