Minggu, 18/10/2015 14:07 WIB | Dibaca: 2119 kali

Sisi Lain Pantai Indrayanti, Tempat Belajar Anak Mengenal Biota Laut


Seorang anak asyik bermain dengan biota laut di Pantai Indrayanti. Foto: Rizal

GUNUNGKIDUL – Wisata Pantai Gunungkidul kian menjadi primadona. Salah satunya Pantai Pulang Syawal, atau yang lebih dikenal dengan Pantai Indrayanti. Tak hanya panoramanya yang menawan, namun ada sisi edukasi bagi wisatawan, terutama bagi anak-anak untuk mengenal langsung aneka biota laut.

Pantai berpasir putih yang terletak bersebelahan dengan Pantai Sundak tepatnya di Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupatan Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta ini terdapat aneka biota laut yang masih hidup dan dapat dilihat atau bahkan ditangkap oleh wisatawan. Dari bintang laut, cacing laut, landak laut, hingga ikan laut dengan aneka warna cerah ada di tepian pantai. Rumput laut, ganggang laut dan terumbu karang masih terjaga. 

Wisatawan bisa menangkap dan melihat langsung aneka biota laut tersebut, karena warga setempat menyediakan fasilitas berupa paket ember kecil dan jaring yang bisa dibeli dengan harga relatif murah sebesar Rp 10.000,-

“Cucu-cucu saya senang sekali melihat biota laut di sini. Kami orang tuanya juga sangat terkesan dengan keindahan Pantai Indrayanti ini. Pantainya juga sangat bersih,” ungkap Sudi Rokhayati (45) wisatawan asal Purwokerto, Jawa tengah yang datang bersama rombongan keluarganya, Minggu (18/10/2015).

Dalam mengelola pantai ini sebagai daerah tujuan wisata, pemerintah dibantu olehi pihak swasta memang serius menjaga image keindahan dan kebersihan pantai. Wisatawan dilarang membuang sampah sembarangan di Pantai, jika tidak ingin didenda Rp.10.000,- . Selain itu setiap seminggu sekali warga dan pengelola pantai melakukan bersih pantai. Pengelola juga menyediakan ditempat-tempat sampah yang dapat dipergunakan oleh para wisatawan untuk membuang sampah. 

“Pantai Indrayanti ini lebih bersih dibandingkan dengan pantai lain yang pernah kami kunjungi,” ujar Sudi sambil mengawasi salah satu cucunya Fadi Abdalla Ja’far (3) yang asyik belajar menangkap ikan laut kecil.

Pantai Indrayanti kendati masih tergolong pantai baru di Gunung Kidul, namun fasilitas yang tersedia cukup memadai, seperti adanya Gazebo restauran dan permainan Jet Sky yang bisa disewa oleh para wisatawan. Suasana tersebut akan membuat wisatawan betah berlama-lama tinggal untuk menikmati pesona alam pantai dengan garis pesisir yang cukup pendek yaitu sekitar 250 m. Wisatawan juga tak akan merasa lelah jika menyusuri pantai ini dari ujung barat hingga timur.

Jika ingin menikmati sunrise (matahari terbit) atau sunset (matahari tenggelam), wisatawan pun akan merasa lebih puas. Sebab Di sebelah barat dari pintu masuk patai ini terdapat gunung batu karang yang cukup besar juga dilengkapi fasilitas gazebo.

Wisatawan tidak akan merasa rugi mengunjungi Pantai Indrayanti yang berjarak sekitar 70 km dari Kota Yogyakarta, dengan waktu perjalanan menggunakan mobil sekitar 2 jam karena akses jalan yang sudah baik. Tiket retribusi masuknya juga murah, hanya Rp 10.000/orang di hari libur. (zal)

Redaktur: Rudi F

 


 





Baca Juga